Breaking News
recent

Taman Wisata Alam (Laut) Kepulauan Padaido; Papua

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Papua
Propinsi
:
Papua
Kabupaten
:
Biak Numfor
Luas (Hektar)
:
183.000
No. SK
:
Surat Keputusan No. 91/Kpts-VI/1997 
Tanggal SK
:
13 Februari 1997
KEADAAN FISIK KAWASAN
Secara administrasi TWA Klamono terletak di Propinsi Papua, Kabupaten Biak Numfor, Distrik Kepulauan Padaido.
Iklim di Kepulauan Padaido termasuk iklim tropis basah dengan jumlah curah hujan antara 2000 mm/thn sampai 3000 mm/thn, jumlah curah hujan rata-rata di atas 150 mm/bulan dan jumlah hari hujan sebanyak lebih dari 200 hari setiap tahunnya. Jumlah jam penyinaran matahari rata-rata tiap bulan adalah 64 jam, suhu udara rata-rata tiap bulan 27,2 0C, kelembaban udara rata-rata tiap bulan adalah 83,8% dan angin bertiup rata-rata dari arah barat daya dengan kecepatan 4 knot per bulan.
Berdasarkan arah angin musim yang bertiup di Kepulauan Padaido dibedakan dua macam musim, yaitu:
1. Musim Barat, musim ini berlangsung pada bulan-bulan Januari sampai Mei dan Agustus sampai Desember.
2. Musim Timur, musim ini berlangsung sekitar bulan-bulan Juni dan Juli.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;

  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: Mangrove yang ditemukan di peraian Kepulauan Padaido berjumlah tujuh jenis, yaitu Bruguiera gymnorhiza, Rhizophora apiculata, R. stylosa, Sonnetaria alba, Ceriops tagal, Lumnitzera littorea, dan Avicenia alba. Lamun ditemukan pada hampir semua pulau, ditemukan berjumlah Sembilan jenis, yaitu Thalassia hemprichii, Enhalus acoroides, Cymodocea serrulata, C. serullata, Halodule universis, H. Pinifolia, Halophila ovalis, H. spinulosa, dan Syringodium isoetifolium. Rumput laut ditemukan kurang lebih 58 jenis dimana 11 jenis bernilai ekonomis penting, seperti Euchema, Gracilaria, Hypnea, Laurencia, Gelidiella, Halimenia, Caulerpa, Codium, Chaetomorpha, Sargassum dan Turbinaria.
Berikut rincian flora yang teridentifikasi:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;

Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: Ditemukan kurang lebih 127 jenis ikan target (konsumsi), 34 jenis ikan dan indikator, 185 jenis ikan mayor (lainnya).
Biota Laut Lain; Terumbu karang di Kepulauan Padaido memiliki 4 bentuk terumbu karang yaitu terumbu karang pantai, terumbu karang penghalang, terumbu karang atol dan terumbu karang gosong. Keragaman karang cukup tinggi terdiri dari 90 jenis yang tergolong dalam 41 genera dan 13 famili serta beberapa jenis karang lunak yaitu Sinularia polydatil, Sacrophyton trocheliophorum, Labophytum strictum dan L. Crassum. Jenis karang dominan adalah Faviidae, Fungidae, Pociloporidae dan Acroporidae. Tutupan karang di gugusan pulau Padaido bawah berkisar antara 0 – 67 % pada kedalaman 3 m dan 0 – 25,9% pada kedalaman 10 m, pada gugusan pulau Padaido atas berkisar antara 13,7 – 70,7% pada kedalaman 3 m dan 9,6 -66,7% pada kedalaman 10 m.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: -1.2745481,136.2242897
Sumber:
Download:
  • -
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.