Breaking News
recent

Tentang

traveling partner in Indonesia
Blog ini dikembangkan oleh penulis dalam upaya untuk:
  • Inventaris wilayah konservasi (Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Wisata Alam, Taman Hutan Raya dan Taman Nasional) di Indonesia.
  • Inventaris kekayaan Flora di Indonesia
  • Inventaris kekayaan Fauna di Indonesia
Tekhnik dan Target Penelusuran Data:
Tahun 2016-2017: Tahun 2017-2018:
  • Penulis meng inventaris wilayah konservasi (Cagar Alam, Suaka Margasatwa, Taman Wisata Alam, Taman Hutan Raya dan Taman Nasional) di Indonesia, dengan menelusuri langsung ke lokasi untuk melengkapi data yang telah ada.
  • Penulis meng inventaris dan mendiskripsikan flora dan fauna di Indonesia dari hasil penelusuran ke lokasi untuk melengkapi kekurangan dari penelusuran yang telah dilakukan sebelumnya.
  • upaya mendeskripsikan flora dan fauna di Indonesia masih merujuk pada website-website resmi dari organisasi-organisasi yang telah ada. (Departemen Kehutanan, wikipedia.org, alamendah.org, iucnredlist.org, arkive.org, animaldiversity.org, birdlife.org, ncsu.edu, botany.org, marinespecies.org, dll )
  • Penulis akan terus menelusuri biodiversiti di Indonesia dari artikel, jurnal, situs maupun penelitian-penelitian yang sudah ada, kemudian dikomparasikan untuk semakin melengkapi inventarisasi kekayaan flora dan fauna di Indonesia.
Sehingga upaya diatas nantinya menjadikan Indonesia memiliki database ter publish yang lengkap, yang berguna secara khusus untuk memberikan kemudahan penelitian lebih lanjut di bidang yang terkait, baik untuk peneliti dalam negeri maupun luar negeri.
Selain itu diharapkan data tentang keanekaragaman hayati ini dapat menanamkan kembali kebanggaan dan rasa memiliki atas kekayaan biodiversiti di Indonesia dan membawa dampak positif bagi banyak pihak terutama dalam upaya pelestarian Sumber Daya Alam di Indonesia.
Penulis menyadari, keterbatasan SDM dan data, sehingga membuat upaya ini membutuhkan proses yang cukup panjang.
Tak lupa penulis mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, terutama kepada Departemen Kehutanan serta beberapa lembaga yang memiliki site resmi, pada khusus nya wikipedia.org dan alamendah.org, karena memberikan petunjuk dan data awal untuk membantu penelusuran biodiversiti ini. Penulis juga memberikan apresiasi kepada alamendah.org yang secara konsisten mem publish tentang Biodiversity di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.