Breaking News
recent

Taman Hutan Raya Palu; Sulawesi Tengah

Unit Pelaksana Teknis
:
UPTD Kehutanan Sulawesi Tengah
Propinsi
:
Sulawesi Tengah
Kota/Kabupaten
:
Palu
Luas (Hektar)
:
8.100
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan No: 461/Kpts-11/1995
Tanggal SK
:
4 September 1995
KEADAAN FISIK KAWASAN
Kawasan Tahura Sulawesi Tengah didominasi topografi lereng pegunungan bertebing curam di bagian tengah kawasan menyebar dari utara ke selatan.
Secara administrasi pemerintahan saat ini, kawasan Tahura Sulawesi Tengah terletak di lintas Kabupaten Sigi dan Kota Palu. Dengan desa penyangga kawasan di Kabupaten Sigi meliputi: Desa Pombewe; Desa Loru; dan Desa Ngatabaru. Sedangkan kelurahan penyangga kawasan di Kota Palu meliputi: Kelurahan Kawatuna; Kelurahan Lasoani; Kelurahan Poboya; Kelurahan Tondo; dan Kelurahan Layana Indah.
Topografi lereng landai di sebelah bagian Barat Kawasan sekitar perkampungan Kawatuna, Ngatabaru dan Poboya. Topografi berbentuk kipas dan landai dengan hamparan sedang dapat dijumpai di sekitar perkampungan Ngatabaru dan Loru. Topografi perbukitan bergelombang dengan hamparan tersempit hanya dapat dijumpai di sebelah timur bagian selatan kawasan yaitu di sekitar daerah hulu Sungai Paneki.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: cendana (Santalum album), Gofasa (Vitex coffasus), angsana (Pterocarpusindicus ), nyatoh (Palaquium sp) dan kayu hitam (Diospyros celebica).
Jenis vegetasi hutan tingkat pohon dikelompokkan kedalam tiga stratum tajuk, yaitu strata tajuk >30 m, strata tajuk 20 – 30 m dan strata tajuk <20 m.Strata tajuk >30 m didominasi oleh jenis Shorea sp, Pterospermum sp, Alstonia sp, Tamarindus indica dan Ficus benyamina. Strata tajuk 20-30 m didominasi oleh Aleuretes moluccana, Canarium sp, Mangifera indica, Terminalia catappa, Octomeles sumatrana, Koorsidendrom pinnatum, Duabanga moluccana, Spondias sp, Ceiba petandra dan Arthocarpus sp, sedangkan strata tajuk <20 m didominasi oleh jenis Cassea siamea, Acacia auricauliformis, Acacia nilotica, leucaena gluaca, Santalum album, Pandanus sp, dan Eugenia sp.
Jenis semak yang mendominasi kawasan, adalah jarak merah (Japtora aurantifiolia), roviega (Caloptropis gigantea) dan bunga tahi ayam (Lantana camara). Sedangkan jenis belukar yang mendominasi adalah sidagari (Sida rhombifolia), Hibiscus teliaceus dan Bambusa sp.
Jenis rumput di kawasan Tahura umumnya didominasi oleh alang-alang (Imperata cylindrica), rumput teki (Cyperus rotundus), pimping (Themedo arguens), akar wangi (Andropogun sp) dan rumput menjalar dengan bentuk daun bangun baris (Graminae).
Jenis tumbuhan lain juga dijumpai di dalam kawasan Tahura yaitu jenis tumbuhan memanjat (Liana) seperti Rotan (Calamus sp) dan Sirih hutan (Piper aduncum), strangler (Beringin), epifit (Anggrek), saprofit, parasit (Benalu) dan jenis paku – pakuan.
Berikut rincian flora di kawasan konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: burung tekukur hutan (Geopelia sp., Streptopelis sp), burung kakak tua jambul kuning (Cacatua sulphurea ) dan biawak (Varanus salvator).
Di lokasi pengamatan, jenis satwa yang paling banyak dijumpai adalah jenis Aves (Burung). Jenis-jenis burung yang tercatat pada umumnya merupakan burung yang menempati habitat pada tajuk pohon seperti: Rangkong, Elang Hutan, Kepodang sungai, Pipit, Sesap Madu, Srigunting, Seriti, dan Cekakan hutan. Dari seluruh jenis yang dijumpai, burung yang penyebarannya merata di seluruh titik pengamatan adalah burung Sesap Madu dengan jumlah tertinggi dibandingkan jenis-jenis lainnya.
Jenis-jenis reptilia di wilayah pengamatan tidak banyak yang dapat ditemukan. Jenis-jenis reptilia yang teridentifikasi di wilayah studi seperti biawak (Varanus sp), Kadal (Mabouya multifasciata), dan Katak pohon (Phacenhorus montegola) dan beberapa jenis ular.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:



koordinat: -0.9500011,119.4371064
Sumber:
Download:
  • -
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.