Breaking News
recent

Paparan Sahul

Paparan Sahul adalah bagian dari lempeng landas kontinen benua Sahul (benua Australia — Papua) yang terletak di lepas pantai utara Australia dan lautan selatan pulau Papua.
Paparan Sahul membentang dari Australia utara, meliputi Laut Timor menyambung ke Timur di laut Arafura yang menyambung dengan Pulau Papua. Kepulauan Aru menonjol di atas paparan Sahul. Paparan Sahul juga mencakup Paparan Rowley yang terletak di sisi Samudra Hindia di Barat Laut Australia membentang hingga tanjung di barat laut Australia.
Ketika permukan air laut turun pada zaman esPleistosen, termasuk zaman es maksimum terakhir, sekitar 18.000 tahun yang lalu, Paparan Sahul adalah dataran terbuka di atas permukaan laut. Bukti tepi pantai pada masa ini ditandai dengan lokasi yang kini terletak pada kedalaman antara 100 sampai 140 meter di bawah permukaan laut.
Paparan Sahul juga disebut Paparan Arafura, membentuk jembatan daratan antara Australia dengan pulau Papua, serta Kepulauan Aru. Kawasan ini merupakan habitat penyebaran marsupial (hewan mamalia berkantung), burung darat yang tak dapat terbang seperti emu dan kasuari, serta ikan air tawar yang sama jenisnya. Garis Lydekker adalah garis biogeografi yang ditarik di tepi perbatasan Paparan Sahul dimana dasar laut turun curam di kawasan biogeografi Wallacea. Wallacea terletak antara celah yang terbentuk antara Paparan Sahul dengan Paparan Sunda, bagian dari paparan benua Asia Tenggara.
Flora Paparan Sahul (AUSTRALIS)
Ciri-ciri flora Paparan Sahul adalah:
  • Didominansi vegetasi hutan hujan tropis
  • Memiliki berbagai jenis tumbuhan kayu yang berharga
  • Selalu hijau setiap tahun
  • Bersifat heterogen
  • Daerah persebarannya meliputi Pulau Papua dan Pulau-Pulau kecil disekitarnya
Flora Australis terdiri dari berbagai jenis kayu seperti kayu besi, cemara, kanari hitam, merbau darat, dan merbau pantai.Jenis Pometia Pinnanta (matoa) yang memiliki variabilitas genetika yang tinggi seperti pohon sagu, nipah dan hutan manggrive di daerah pantai.
Fauna Paparan Sahul (AUSTRALIS)
Antara Fauna daerah Indonesia bagian timur dan Fauna daerah Indonesia bagian Tengah dibatasi oleh garis Weber. Fauna di daerah Indoneisa bagian timur tergolong jenis fauna Australian.
Jenis Fauna yang termasuk fauna tipe timur ( Tikus berkantung, burung cendrawasih, burung kasuari, burung kakatua, kangguru pohon)
Wilayah fauna Indonesia timur disebut juga wilayah fauna dangkalan Sahul. Jenis-jenis fauna yang terdapat di wilayah ini bertipe Australis, maksudnya jenis fauna yang hidup mirip dengan fauna-fauna di Australia.
Wilayah fauna Indonesia Timur berbatasan dengan Wilayah Fauna Indonesia Tengah dan dibatasi oleh garis khayal yaitu Garis Webber, dan termasuk dalam kelompok fauna dunia zona Australis.
Ciri-ciri Fauna Australiatis:
  • Mamalia berukuran kecil
  • Banyak hewan berkantung
  • Tidak terdapat spesies kera
  • Jenis-jenis burung memiliki warna yang beragam
Sumber;
heropolo

heropolo

1 comment:

Powered by Blogger.