Breaking News
recent

Cymodocea rotundata

Klasifikasi:
http://adf.ly/1VpfYc
Kingdom:
(unranked):
(unranked):
Order:
Family:
Genus:
Species:
C. rotundata
Binomial:
Cymodocea rotundata Asch. & Schweinf.
Nama Lain:
Lamun (...?)
Deskripsi:
Cymodocea rotundata adalah salah satu jenis tumbuhan laut dari keluarga Cymodoceaceae. Tumbuhan ini sering terjadi di air jernih, dan di zona intertidal tinggi. Spesies ini tahan terhadap kondisi marjinal. Seperti banyak spesies intertidal, morfologi spesies ini dapat bervariasi, dan untuk alasan ini kadang-kadang dapat menjadi bingung dengan spesies lain (yaitu, Thalassia hemprichii, dengan daun yang sempit atau Halodule uninervis , daun lebar). Spesies ini tidak seperti paparan penuh surut/full exposure at low tide (kondisi kering).
Di Laut Andaman, Cymodocea rotundata menempati zona pesisir yang lebih rendah pada daerah pasir berlumpur atau berpasir bawah dicampur dengan fragmen karang yang mati. Tumbuhan ini juga bisa bertahan pada tingkat gangguan moderat. Cymodocea ini merupakan spesies pionir di Indonesia (bersama dengan Halophila ovalis dan Halodule pinifolia) yang terjadi di zona subtidal rendah dan intertidal dangkal, tumbuh terbaik di sumur-terlindung berpasir (tidak berlumpur), yang stabil dan ber sedimen rendah-bantuan.
Cymodocea rotundata berbentuk ramping, mirip dengan Cymodocea serrulata. Daun seperti garis lurus dan lengkap (panjang 6-15 cm, lebar 2-4 mm), lurus sampai agak bulat, tidak menyempit sampai ujung daun yang bulat dan seludang daun keras. Bentuk Rimpang lebih ramping dari Cymodocea serrulata (diameter 1-2 mm, panjang antar ruas 1-4 cm), dengan tunas pendek yang tegak, dan setiap ruas ada 2-7 daun. Buah nya berbulu tanpa tangkai, berada dalam seludang daun. Setengah lingkaran dan agak keras, serta pada bagian bawah berlekuk dengan 3-4 geligi runcing.
Penyebaran:
Cymodocea rotundata menyebar di Samudera Hindia, Laut Merah, Laut Cina Selatan, Samudera Pasifik.
Konservasi:
Aceh: Taman Wisata Alam Pulau Weh; ... 
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.