Breaking News
recent

Avicennia alba

Klasifikasi:
http://adf.ly/1VmpPq
Kingdom:
Division:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
A. alba
Binomial:
Avicennia alba
Blume

Nama Lain: Api Api Putih
Deskripsi:
Avicennia alba adalah spesies dari Mangrove tropis di keluarga Acanthaceae. Tumbuhan ini merupakan jenis pionir pada habitat rawa mangrove di lokasi pantai yang terlindung, juga di bagian yang lebih asin di sepanjang pinggiran sungai yang dipengaruhi pasang surut, serta di sepanjang garis pantai. Pada umumnya tumbuhan mangrove ini menyukai bagian muka teluk. Akarnya dilaporkan dapat membantu pengikatan sedimen dan mempercepat proses pembentukan daratan. Perbungaan terjadi sepanjang tahun. Genus ini  berbiak ketika masih menempel di pohon.
Avicennia alba merupakan belukar atau pohon yang tumbuh menyebar dengan ketinggian mencapai 25 m. Kumpulan pohon membentuk sistem perakaran horizontal dan akar nafas yang rumit. 
Ciri-ciri:
Akar
Akar nafas biasanya tipis, berbentuk jari (atau seperti asparagus) yang ditutupi oleh lentisel.
Daun
Daunnya memiliki permukaan halus, bagian atas hijau mengkilat, bawahnya pucat. Bunganya seperti trisula dengan gerombolan bunga (kuning) hampir di sepanjang ruas tandan dan buahnya seperti kerucut/cabe/mente dengan warna hijau muda kekuningan.
Biji/Buah
Seperti kerucut/cabe/mente. Hijau muda kekuningan.
Batang
Kulit kayu luar berwarna keabu-abuan atau gelap kecoklatan, beberapa ditumbuhi tonjolan kecil, sementara yang lain kadangkadang memiliki permukaan yang halus. Pada bagian batang yang tua, kadang-kadang ditemukan serbuk tipis.
Bunga
Seperti trisula dengan gerombolan bunga (kuning) hampir di sepanjang ruas tandan. Letak: di ujung/pada tangkai bunga. Formasi: bulir (ada 10-30 bunga per tandan). Daun Mahkota: 4, kuning cerah, 3-4 mm. Kelopak Bunga: 5. Benang sari: 4.
 
Penyebaran:
Avicennia alba ditemukan di seluruh perairan Indonesia.

Konservasi: 
Aceh: Taman Wisata Alam Pulau Weh; .... 

Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

3 comments:

  1. Slovenia laba apakah beda dengan gunners diplester. Jk ada yg mau memberikan penjelasan wa 0896-7677-2251 sebelumnya trimakasih

    ReplyDelete
  2. Avicenia alba apakah sama dengan gymnema silvestre mohon penjelasan wa.0896-7677-2251 trimakasih

    ReplyDelete
  3. Gymnema silvestre..untuk anti guladarah mampu menyerap gula dalam tubuh seperti avicennia Alba. Untuk ke bugaran sex.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.