Breaking News
recent

Suaka Margasatwa Lombuyan; Sulawesi Tengah

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Sulawesi Tengah
Propinsi
:
Sulawesi Tengah
Kabupaten
:
Banggai
Luas (Hektar)
:
3.069,00
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI Nomor: 124/Kpts-II/1999
Tanggal SK
:
5 Maret 1999
KEADAAN FISIK KAWASAN  
Secara administrasi pemerintahan kawasan SM Lombuyan I termasuk dalam wilayah Kecamatan Luwuk dan Lombuyan II termasuk dalam Kecamatan Pagimana, Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah.  
Sulawesi Tengah umumnya secara tetap dipengaruhi oleh 2 (dua) macam musim yaitu: Musim Barat yang kering dan Musim Timur yang basah. Musim Barat (kering) terjadi sekitar Bulan Oktober sampai April yang ditandai dengan kurangnya curah hujan, sedangkan Musim Timur (basah) terjadi sekitar Bulan April sampai Oktober yang ditandai dengan naiknya curah hujan. Suaka Margasatwa Lombuyan beriklim A (menurut Schmit dan Ferquson).
Data tersebut dapat diperoleh dari Badan Meteorologi dan Geofisika Bubung Luwuk dan dapat dilihat pada tabel dibawah ini.

POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Flora;
Kawasan SM Lombuyan ini terbagi dalam dua bagian, Lombuyan I seluas 2.093 Ha dan Lombuyan II seluas 976 Ha. Kedua lokasi tersebut terpisah dan tidak berjauhan yang dibatasi oleh Desa Salodik. Kawasan Lombuyan I ditutup dengan beranekaragam jenis pohon dan sama sekali tidak terdapat padang. Lombuyan I didominasi dengan jenis-jenis Palapi (Heritera sp.), Kala-kala (Albizzia lebbek), Kuku (Moluccana), Beringin (Ficus sp.), Siuri (Solenocarpus philiplensis), Mangga hutan (Mangifera indica), Cempaka (Elmerillia ovali), Kemiri (Elevrites moluccana), Dana-dana (Canarium sp.), Matoa (Pometia pinnata), Dao  (Dracontomelon dao), Ketapang (Terminalia catappa), Nautu (Palapuis sp.), dan lain-lain.
Fauna;
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 750/ Kpts/Um/1974 tanggal 28 Desember 1974 di mana SM Lombuyan ditetapkan sebagai perlindungan Anoa dan Rusa. Selain satwa tersebut juga terdapat satwa lain yang ada dalam kawasan SM Lombuyan sebagai fauna endemik Sulawesi Tengah. Adapun jenis-jenis yang ada di kawasan SM Lombuyan antara lain Rangkong (Pithiceros cassidix), Nuri Sulawesi (Tanygnathus sumatranus), Biawak (Varanus salvator), Ular (Phyton sp.), Monyet hitam (Macaca tonkeana), dan Tarsius (Tarsius spectrum).
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.