Breaking News
recent

Simias concolor

<<< back Fauna  
Klasifikasi;
http://www.agpix.com/catalog/AGPix_MiPTu14/large/AGPix_MiPTu14_2199_Lg.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Subfamily:
Genus:
Simias
Miller, 1903
Species:
S. concolor
Binomial:
Simias concolor
Miller, 1903
Nama Lain; Simakobu, Monyet Ekor Babi(pig-tailed langur)
Deskripsi;
Simakobu (Simias concolor) adalah hewan yang masih satu keluarga dengan Cercopithecidae. Habitat dari primata ini adalah daerah hutan rawa dan hutan dataran rendah. Selain di daerah tersebut, simokobu juga ditemukan di hutan primer yang terletak di lereng bukit.
Simakobu jantan memiliki panjang sekitar 490-550 mm sedangkan pada betina memiliki panjang 460-550 mm. Berat rata-rata sekitar 8,7 kg untuk jantan dan 7,1 kg untuk betina. Panjang ekor bervariasi antara 14 hingga 15 cm. 
Ada dua jenis warna pada simakobu yaitu abu-abu gelap dan warna coklat muda, tetapi warna abu-abu gelap lebih umum ditemui. Simakobu memiliki tangan dan kaki yang sama panjang. Ekor nya berukuran agak pendek dibandingkan dengan spesies primata yang lain dalam subfamili Colobinae. Simakobu yang sudah dewasa memiliki warna rambut hitam dan semakin gelap daripada saat masih muda. 
Keunikan hewan ini adalah ekornya pendek, setra tidak berbulu, bulunya hanya ada pada ujung ekor. Karena bentuk ekornya yang seperti ekor babi tersebut maka simakobu juga sering disebut monyet ekor babi.
Penyebaran di Indonesia;
Simakobu ditemukan terbatas di kawasan kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Indonesia. Tepatnya di Pulau Sipora, Pagai Utara, dan Pagai Selatan (Suaka Margasatwa Pagai Selatan), serta di Taman Nasional Siberut.
Sumber;
<<< back Fauna 

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.