Breaking News
recent

Gunung Ulu Masen; Aceh


Maps: 5.0228826,95.4659614
Deskripsi:
Administrasi Pemerintahan:
diantara dua desa, yaitu Cot Punti dan Blang Luah, Kecamatan Sanpoiniet Kabupaten Aceh Jaya, provinsi Aceh.
Bentuk:
-
Ketinggian:
2390 meterDpl (7841 ft)
Letusan Terakhir((Volcanic Explosivity Index):
-
Kondisi Fisik:
-
Iklim:
Secara Umum, Kota Blang Luah memiliki iklim tropis. Curah hujan signifikan, dengan presipitasi bahkan selama bulan terkering. Lokasi ini diklasifikasikan sebagai Af berdasarkan Köppen dan Geiger. Suhu di sini rata-rata 27.1'C. Presipitasi di sini rata-rata 3405 mm. 
Curah hujan paling sedikit terlihat pada Juni. Rata-rata dalam bulan ini adalah 203 mm. Pada April, presipitasi mencapai puncaknya, dengan rata-rata 377 mm. Suhu tertinggi rata-rata pada April, sekitar 27.8'C. Januari adalah bulan terdingin sepanjang tahun, rata-rata 26.5'C .
Variasi dalam presipitasi antara bulan terkering dan bulan terbasah adalah 174 mm. Variasi dalam suhu tahunan adalah sekitar 1.3'C.
Keterangan Pendukung:
Hutan Ulu Masen sangat kaya dengan keanekaragaman hayati yang menjadikan hutan ini sebagai penyedia jasa lingkungan yang bernilai ekonomi tinggi dan dibutuhkan oleh masyarakat Aceh di bagian Utara melalui beberapa jasa lingkungan seperti: penyedia sumber air, pencegah banjir dan erosi, sumber perikanan air tawar, pembangkit tenaga listrik, produksi karbon, sumber plasma nutfah, sumber hasil hutan bukan kayu, pengendali hama, sumber ilmu pengetahuan, dan parawisata.
Dalam kawasan Ulu Masen, diketahui berbagai flora dan fauna Sumatera yang terancam punah dipastikan masih mendiami kawasan ini. Seperti harimau, Beruang Madu, Macan Dahan, Kukang, Orang Hutan Sumatera, Siamang, Kedih atau Reungkah, Kambing Sumatera, burung rangkong papan, kuau besar dan gajah sumatera.
Wilayah Konservasi:
-
Sumber:
Download:
  • -
heropolo

heropolo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.