Breaking News
recent

Gunung Burni Telong (Berapi); Aceh


Maps: 4.6907821,96.8220163
Deskripsi:
Administrasi Pemerintahan:
Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah, provinsi Aceh.
Bentuk:
stratovulkan
Ketinggian:
2.600 mdpl
Letusan Terakhir((Volcanic Explosivity Index):
7 Desember 1924
Kondisi Fisik:
-
Iklim:
Secara Umum, iklim di Wih Pesam adalah tropis. Curah hujan signifikan, dengan presipitasi bahkan selama bulan terkering. Lokasi ini diklasifikasikan sebagai Af berdasarkan Köppen dan Geiger. Suhu rata-rata tahunan adalah 21.1'C di Wih Pesam. Curah hujan tahunan rata-rata adalah 1872 mm.
Bulan terkering adalah Juni, dengan 68 mm hujan. Pada November, presipitasi mencapai puncaknya, dengan rata-rata 230 mm. April adalah bulan terhangat sepanjang tahun. Suhu di April rata-rata 21.8'C. Agustus adalah bulan terdingin sepanjang tahun, rata-rata 20.6'C.
Terdapat perbedaan dalam 162 mm dari presipitasi antara bulan terkering dan bulan terbasah. Variasi dalam suhu tahunan adalah sekitar 1.2'C.
Keterangan Pendukung: 
Gunung ini oleh masyarakat setempat juga sering disebut dengan Burni Cempege yang dalam bahasa Gayo mempunyai arti gunung yang penuh belerang.
Untuk mencapai gunung yang sering disebut ada beberapa jalur. Salah satunya, melalui Jalur Edelwais. Dinamakan Edelwais karena di sepanjang jalur itu ditumbuhi bunga Edelwais yang oleh masyarakat Gayo dipercayai sebagai bunga abadi.
Di ketingian Burni Telong, hamparan pohon pinus memanjakan mata. Dari gunung ini juga mengalir air panas yang kemudian dijadikan pemandian air panas di Kecamatan Wih Pesam, Lampahan.
Wilayah Konservasi:
-;
heropolo

heropolo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.