Breaking News
recent

Amborella trichopoda

Klasifikasi:
http://adf.ly/1b2pAN
Kingdom:
Division:
class:
Order:
Amborellales
Melikyan, A.V.Bobrov, & Zaytzeva 
Family:
Amborellaceae
Pichon 
Genus:
Amborella
Baill.
Species:
A. trichopoda
Binomial:
Amborella trichopoda
Baill.
Nama Lain
:
-

Deskripsi:

Amborella trichopoda adalah tumbuhan berwujud semak atau pohon kecil yang langka sekaligus unik. Flora ini tidak memiliki pembuluh sebagaimana anggota-anggota Tumbuhan Berbunga lainnya, sehingga dianggap sebagai varian primitif dalam taksonomi tumbuhan berbunga.
Tumbuhan ini memiliki kekhasan pada bidang sistematika tumbuhan karena informasi taksonomi molekuler modern menempatkannya di bagian dasar (basal) kekerabatan tumbuhan berbunga. Ini berarti bahwa tumbuhan ini mewakili garis evolusi tumbuhan berbunga yang mencabangkan diri sangat awal (sekitar 130 juta tahun lalu) dari jenis-jenis tumbuhan berbunga modern lainnya. Dengan membandingkan ciri-ciri "fosil hidup" ini terhadap tumbuhan-tumbuhan berbunga lain yang sudah lebih berkembang dan fosil-fosil tumbuhan berbunga yang ada membantu ilmuwan mendapatkan gambaran mengenai sifat-sifat tumbuhan berbunga awal dan bagaimana mereka berevolusi.

Penyebaran:
A. trichopoda merupakan tumbuhan yang menghuni dasar hutan, di bawah keteduhan tumbuhan lain. Tumbuhan endemik dari New Caledonia, Pasifik Selatan.
Di alam liar, jumlah tumbuhan ini semakin berkurang karena penggembalaan berlebih dan perusakan habitat. 

Konservasi:
Aceh: Taman Wisata Alam(laut) Pulau Weh 

Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.