Breaking News
recent

Apalharpactes mackloti

Klasifikasi Ilmiah
http://adf.ly/1ajKSW
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Bonaparte, 1854 
Species
A.  mackloti
Binomial
Apalharpactes mackloti
(Müller, 1835)
Nama Lain:
Indonesia : Luntur sumatera
English : Sumatran Trogon/Blue-tailed Trogon/Red-billed Trogon
French : Trogon de Sumatra
Spanish : Trogón de Sumatra

Deskripsi:

Burung Luntur Sumatera atau Apalharpactes mackloti, merupakan salah satu hewan endemik pulau Sumatera. Sekilas penampilannya serupa dengan burung Luntur Jawa (Apalharpactes reinwardtii). Wajar, sebelumnya, baik Luntur Sumatera maupun Luntur Jawa dianggap spesies yang sama. Namun kini keduanya dipisah menjadi spesies yang berbeda. Luntur Sumatera sebagai burung endemik Sumatera, sedang Luntur Jawa, burung endemik pulau Jawa.
Penampilan burung Luntur Sumatera mirip dengan Luntur Jawa (Luntur Gunung) tetapi berukuran lebih kecil. Panjang tubuhnya sekitar 30 cm. Pada burung jantan memiliki tunggir berwarna merah tua. Bulu bagian atas (sayap dan punggung) berwarna hijau kebiruan. Di bagian punggung bawah memiliki bulu berwarna abu-abu. Memiliki bercak kuning pada bagian tenggorokan dan perut. Paruh, kaki, dan sayap pendek. Ekor lebar-panjang. Paruh berwarna merah.
Makanan utama burung Luntur Sumatera (Apalharpactes mackloti) adalah beraneka jenis serangga seperti belalang dan kumbang. Juga memakan ulat dan buah-buahan. Terkadang juga menangkap kadal kecil yang ada di tanah.
Penyebaran:
Burung Luntur Sumatera merupakan burung endemik pulau Sumatera. Persebarannya sepanjang pegunungan Sumatera mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi bagian barat dan Bengkulu, serta di bagian barat Lampung dan Sumatera Selatan. Dengan habitat di hutan hujan tropis pegunungan pada kisaran ketinggian 1000-2500 m.

Konservasi:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.