Breaking News
recent

Grampus Griseus

Klasifikasi:

Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Grampus
Gray, 1828
Species:
G. griseus
Binomial:
Grampus griseus
(Gray, 1846)
Nama Lain:
Indonesia :  Lumba-lumba risso
English :  Risso's Dolphin, Grey Dolphin
French :  Grampus, Dauphin de Risso
Spanish :  calderón gris, Delfín de Risso, Fabo Calderón
Deskripsi:
Spesifik julukan mengacu pada bintik-bintik (seperti bekas luka) dari warna abu-abu tubuhnya. Habitat yang disukai oleh Lumba-lumba Risso hanya dari landas kontinen yang curam, dengan kedalaman air bervariasi antara 400-1,000 m (1,300-3,300 ft) dan suhu air setidaknya 10 ° C (50 ° F) serta 15-20 ° C (59 -68 ° F).
Lumba-lumba Risso memiliki tubuh bagian depan relatif besar dan sirip punggung, sementara kemiringan belakang sampai ekor relatif sempit. Bulatan di kepala memiliki lipatan vertikal di depan.
Bayi Risso pada bagian punggung berwarna abu-abu coklat dan bagian perut berwarna krem​​, dengan area berbentuk jangkar putih antara sirip di sisi badan dan di sekitar mulut. Daerah non-putih gelap hampir hitam, dan kemudian akan berubah lebih terang (kecuali untuk sirip punggung selalu gelap). Setelah dewasanya akan berubah menjadi lebih putih. Kebanyakan lumba-lumba ini memiliki 2-7 pasang gigi, semua di rahang bawah.
Panjang biasanya mencapai 10 kaki meskipun dapat mencapai 14,1 kaki (4,3 m). Seperti kebanyakan lumba-lumba, jantan sedikit lebih besar dari betina. Spesies ini memiliki berat 300-500 kilogram, sehingga menjadikannya spesies lumba-lumba terbesar.
Lumba-lumba Risso umumnya tidak mau mendekati kapal, namun terkadang gelombang laut yang menggiringnya.
Penyebaran:
Lumba-lumba Risso ditemukan di seluruh dunia di perairan beriklim sedang dan tropis, biasanya di perairan yang agak dalam. Serta bagian tropis Samudra Hindia, Pasifik dan Samudra Atlantik, Lumba-lumba ini juga ditemukan di Teluk Persia dan Mediterania serta Lautan Merah, tapi tidak untuk Laut Hitam. Mereka berkisar sejauh utara Teluk Alaska dan Greenland selatan dan selatan sejauh di  Tierra del Fuego.
Konservasi:
Aceh: Taman Wisata Alam Pulau Weh;
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.