Breaking News
recent

Steno Bredanensis

Klasifikasi:
http://adf.ly/1WdwxI
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Steno
Gray, 1846
Species:
S. bredanensis
Binomial:
Steno bredanensis
G. Cuvier in Lesson, 1828
Nama Lain:
Indonesia :  Lumba-lumba gigi kasar
English : rough-toothed dolphin, black porpoise
French : delphinorhynche long-bec, dauphin à long bec, dauphin a dents rudes, dauphin à bec étroit
Spanish : delfín de pico largo, delfín de hocico estrecho, delfín de dientes rugosos, delfin de dientes asperos, delfin bastardo
Deskripsi:
Lumba-lumba gigi kasar (Steno bredanensis) adalah spesies lumba-lumba dalam keluarga Delphinidae yang dapat ditemukan di perairan hangat dan tropis yang agak dalam, dan ditemukan hampir di seluruh dunia.
Spesies ini pertama kali dijelaskan oleh Georges Cuvier pada tahun 1823. Steno, adalah satu-satunya anggota dalam genus ini, berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'sempit', mengacu pada paruh hewan - yang merupakan karakteristik diagnostik spesies. Nama spesifik menghormati van Breda, yang mempelajari tulisan Cuvier. Tidak ada subspesies yang diakui dalam spesies ini.
Lumba-lumba gigi kasar adalah spesies yang relatif besar, dengan panjang dewasa mulai 2,09-2,83 meter (6,9-9,3 ft), dan berat antara 90 sampai 155 kilogram (198 dan 342 lb); Jantan lebih besar daripada betina. Karakteristik fiturnya yang paling terlihat adalah kepala berbentuk kerucut dan moncong yang ramping; lumba-lumba lain memiliki moncong pendek atau melon lebih tampak menggembung di dahi. Seperti nama umum untuk spesies yang menyiratkan ke khas an pada gigi, yang memiliki permukaan kasar dibentuk oleh pola yang tidak teratur sempit. Mereka telah dilaporkan memiliki antara sembilan belas dan dua puluh delapan gigi di setiap kuartal rahang.Sirip lebih jauh dari tubuh, dibandingkan lumba-lumba lain yang sejenis, meskipun, di laut lumba-lumba ini mungkin bingung dengan lumba-lumba spinner atau hidung botol. Sirip punggung memiliki tinggi antara 18-28 cm (7,1-11,0 inc). Punggungnya berwarna abu-abu terang, sedangkan bagian belakang dan sirip punggung memiliki warna abu-abu lebih gelap. Lumba-lumba lebih tua sering memiliki warna merah muda khas, kuning, atau tanda putih di sekitar mulut dan sepanjang bagian bawah.
Penyebaran:
Distribusi dan populasi Lumba-lumba gigi kasar kurang begitu dipahami. Mereka mendiami Pasifik, Atlantik, Hindia, dan di Laut Mediterania, dengan iklim hangat untuk perairan tropis. Laporan sesekali dari lingkungan perairan dingin. penampakan hidup hampir universal dibuat jauh lepas pantai, di luar landas kontinen, dikedalaman air setidaknya 1 kilometer (0.62 mil).
Di Laut Mediterania, spesies pernah dianggap mengunjungi dari Atlantik Utara sampai temuan terbaru mengungkapkan bahwa ada populasi kecil tapi penduduk di bagian timur laut.
Sebagian besar kegiatan penelitian tentang lumba-lumba telah diarahkan di Pasifik timur, di mana perkiraan populasi 150.000 telah diperoleh.
Konservasi:
Aceh: Taman Wisata Alam Pulau Weh;
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.