Breaking News
recent

Stenella longirostris

Klasifikasi:
http://adf.ly/1WLZ8K
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Stenella
Species:
S. longirostris
Binomial:
Stenella longirostris
(Gray, 1828)
Nama Lain:
Indonesia :  Lumba-lumba pemintal
English :  Spinner Dolphin, Long-beaked Dolphin, Long-snouted Dolphin
French :  Dauphin Longirostre
Spanish :  Delfín Tornillón, Estenela Giradora
Deskripsi:
Lumba-lumba Pemintal (Stenella longirostris) adalah lumba-lumba kecil yang ditemukan di perairan tropis lepas pantai di seluruh dunia. Mamalia laut ini terkenal sering menampilkan akrobatik, di mana ia berputar sepanjang sumbu longitudinal dan melompat di udara. Lumba-lumba ini adalah anggota dari keluarga Delphinidae.
Dari semua catatan, lumba-lumba Pemintal terdapat di hampir semua perairan tropis, berhubungan dengan perairan pantai atau pulau-pulau. Lumba-lumba ini bergantung pada teluk dangkal untuk digunakan sebagai beristirahat di siang hari.
Lumba-lumba Pemintal adalah jenis Cetacea kecil dan ramping. Lumba-lumba dewasa, biasanya mencapai panjang 129-235 cm dan berat nya mencapai 23-79 kg. Spesies ini memiliki mimbar memanjang dan sirip punggung yang triangular atau subtriangular. Umumnya Lumba-lumba ini memiliki pola warna tripartit. Daerah punggung berwarna abu-abu gelap, dengan sisi berwarna abu-abu terang, dan bagian bawah berwarna abu-abu pucat atau putih. Selain itu, sebuah band gelap terdapat dari mata ke sirip, berbatasan di atas dengan tipis, serta memiliki garis cahaya.
Namun, lumba-lumba Pemintal memiliki variasi bentuk dan warna yang berbeda dari cetacea lainnya, tergantung letak geografisnya. Di perairan terbuka Pasifik timur, lumba-lumba ini memiliki tengkorak yang relatif kecil dengan rostra pendek, suatu bentuk kerdil dari spinner dolphin yang terjadi di sekitar Asia Tenggara. Dalam subspesies yang sama, berwarna dorsal gelap meredup mengikuti pola warna tripartit. Selanjutnya lepas pantai, subspesies cenderung memiliki lebih pucat dan kurang jauh cape. Dalam subspesies tertentu, beberapa pejantan mungkin memiliki sirip tegak yang miring ke depan. Beberapa populasi yang ditemukan di Pasifik timur memiliki bentuk yang aneh, Sirip belakang agak mundur dan menghadap sirip punggung, serta pada jantan dapat memiliki gundukan aneh dan ekor terbalik.
Berikut beberapa subspesies dari lumba-lumba pemintal:
  • S. l. orientalis
  • S. l. centroamericana
  • S. l. longirostris
  • S. l. roseiventris
Penyebaran:
Penyebaran Lumba-lumba pemintal:
Atlantic; western central– southwest– southeast– northwest– eastern central; 
Indian Ocean; eastern– western; 
Pacific; southeast– northwest– eastern central– western central– southwest
Konservasi:
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.