Breaking News
recent

Stenella coeruleoalba

Klasifikasi:
http://adf.ly/1WLheO
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Stenella
Species:
S. coeruleoalba
Binomial:
Stenella coeruleoalba
(Meyen, 1833)
Nama Lain:
Indonesia :  Lumba-lumba belang
English :  Striped Dolphin, Euphrosyne Dolphin
Spanish :  Delfín Blanco Y Azul, Delfín Blanco Y Azul, Delfín Listado, Delfín Listado
French :  Dauphin Bleu et Blanc, Dauphin Rayé
Deskripsi:
Lumba-lumba Belang (Stenella coeruleoalba) adalah mamalia laut yang ditemukan di perairan beriklim sedang dan tropis dari semua lautan di dunia. Lumba-lumba ini adalah anggota dari keluarga Delphinidae.
Lumba-lumba Belang memiliki ukuran dan bentuk yang sama dengan beberapa lumba-lumba lain yang menghuni perairan tropis. Namun, perbedaan terlihat ketika di dalam laut atau perairan, yaitu warna di bagian bawah yang bisa berwarna biru, putih, atau merah muda. Satu atau dua band hitam pada lingkaran mata, ke belakang sampai sirip. Band-band ini melebar dengan lebar sirip, dengan ukuran yang sama. Dua garis-garis hitam jauh berjalan dari belakang telinga - satu pendek dan berakhir tepat di atas sirip. Di atas garis-garis ini, punggung lumba-lumba berwarna biru muda atau abu-abu.
Saat lahir, berat individu sekitar 10 kg (22 lb) sampai satu meter (3 kaki). Dewasa, sampai mencapai 2,4 m (8 ft) (betina) dan 2,6 m (8,5 ft) (jantan), serta berat yang mencapai 150 kg (330 lb) (betina) atau 160 kg (352 lb) (jantan). Penelitian mencatat, kematangan seksual dicapai pada usia 12 tahun pada betina Mediterania, dan di Pasifik antara 7 sampai 9 tahun. Rata-rata Umur dari lumba-lumba ini mencapai sekitar 55-60 tahun.
Secara umum dengan lumba-lumba lain di genus nya, mereka bergerak bersama dalam kelompok besar, biasanya sampai ribuan jumlahnya. Kelompok ini mungkin lebih kecil di Mediterania dan Atlantik.
Penyebaran:
Lumba-lumba Belang menyebar dari:
  • Atlantic; western central– northeast– eastern centralsouthwest– southeast– northwest; 
  • Indian Ocean; western– eastern 
  • Pacific; southeast– northeast– northwest– eastern central– western central– southwest 
  • Mediterranean and Black Sea; 
Konservasi: 
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.