Breaking News
recent

Sousa chinensis

Klasifikasi:
http://adf.ly/1WLheO
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Sousa
Species:
S. chinensis
Binomial:
Sousa chinensis
(Osbeck, 1765)
Nama Lain:
Indonesia :  Lumba-lumba punggung bungkuk indo-pasifik
English :  Indo-pacific Hump-backed Dolphin, Indo-Pacific Humpbacked Dolphin, Indo-pacific Humpback  Dolphin, Chinese White Dolphin
French :  Dauphin À Bosse De L'Indo-pacifique
Spanish :  Bufeo Asiático, Bufeo Asiático, Delfín Blanco De China, Delfín Blanco De China
Deskripsi: 
Lumba-lumba punggung bungkuk indo-pasifik (Sousa chinensis) adalah spesies lumba-lumba punggung bungkuk yang ditemukan di perairan pantai mulai dari Afrika Selatan dibagian barat, hingga ke utara Australia dan Asia tenggara ke timur. Lumba-lumba dari keluarga Delphinidae ini dianggap hampir terancam oleh IUCN.
Lumba-lumba punggung bungkuk indo-pasifik berwarna putih atau merah muda, dan mungkin muncul sebagai lumba-lumba albino. Uniknya, penduduk di sepanjang pantai Cina memiliki kulit merah muda, dan warna merah muda berasal bukan dari pigmen, tetapi dari pembuluh darah yang overdeveloped untuk thermoregulation.
Panjang tubuh mencapai 2 sampai 3,5 m (6 ft 7 ke 11 ft 6 inc) untuk dewasa, dan 1 m (3 ft 3 inc) untuk bayi. Lumba-lumba dewasa beratnya antara 150-230 kg (330-510 lb). lumba-lumba putih ini hidup sampai 40 tahun, sebagaimana ditentukan oleh analisis gigi mereka.
Saat lahir, lumba-lumba berwarna hitam. Mereka mengubah menjadi abu-abu, kemudian merah muda dengan bintik-bintik ketika muda. Dewasa berwarna putih.
Penyebaran:
Beberapa ahli biologi menganggap bahwa ada dua varietas, sebagai subspesies yang terpisah:
  • tipe Chinensis (lumba-lumba putih China) adalah varietas timur, ditemukan di Asia Tenggara dan Australia utara.
  • tipe Plumbea adalah varietas Barat, ditemukan di sepanjang pantai timur Afrika dan Samudera Hindia bagian utara di sepanjang pantai selatan di Timur Tengah melalui India.
Konservasi: Taman Wisata Alam Pulau Weh;
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.