Breaking News
recent

Nypa fruticans

Klasifikasi:
http://adf.ly/1Vn1PN
Kingdom:
(unranked):
(unranked):
(unranked):
Order:
Family:
Subfamily:
Nypoideae
Griff.
Genus:
Nypa
Steck
Species:
N. fruticans
Binomial:
Nypa fruticans
Wurmb
Nama Lain: 
Ind: daon, daonan (Sd., Bms.), buyuk (Jw., Bali), bhunyok (Md.), bobo (Menado, Ternate, Tidore), boboro (Halmahera), palean, palenei, pelene, pulene, puleanu, pulenu, puleno, pureno, parinan, parenga (Seram, Ambon dan sekitarnya)
Eng: Nypa Palm, Nipa Palm, Mangrove Palm
Lain: attap (Singapore), nipa or sasa (Philippines), buah atap (Indonesia), buah nipah (Malaysia), dừa nước (Vietnam), ging pol (Sri Lanka),jak - จาก (Thailand), gol pata (West Bengal, Bangladesh), and dani (Burma). 
Deskripsi:
Nipah atau Nypa fruticans adalah sejenis palem (palma) dalam keluarga Arecaceae, yang tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang-surut dekat tepi laut. Tumbuh pada substrat yang halus, pada bagian tepi atas dari jalan air. Memerlukan masukan air tawar tahunan yang tinggi. Jarang terdapat di luar zona pantai. Biasanya tumbuh pada tegakan yang berkelompok.
Nipa memiliki sistem perakaran yang rapat dan kuat, yang tersesuaikan lebih baik terhadap perubahan masukan air, dibandingkan dengan sebagian besar jenis tumbuhan mangrove lainnya. Serbuk sari lengket dan penyerbukan nampaknya dibantu oleh lalat Drosophila. Buah yang berserat serta adanya rongga udara pada biji membantu penyebaran mereka melalui air.
Sebagaimana rumbia (Metroxylon spp.), batang pohon nipah menjalar di tanah, membentuk rimpang yang terendam oleh lumpur. Hanya roset daunnya yang muncul di atas tanah, sehingga nipah nampak seolah-olah tak berbatang. Akar serabutnya dapat mencapai panjang 13 m. Karena perakaran nipah ini hanya terletak dalam lumpur yang sifatnya labil maka rumpun-rumpun nipah dapat dihanyutkan oleh air sampai ke laut.
Penyebaran:
Tumbuhan Nipah ditemukan di seluruh Indonesia.
Konervasi: Taman Wisata Alam Pulau Weh; ...
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.