Breaking News
recent

Macaca fascicularis

Klasifikasi:
http://adf.ly/1W1bB4
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
M. fascicularis
Binomial:
Macaca fascicularis
Raffles, 1821
Nama Lain: Monyet kera (ind), Monyet kra(mly), kera ekor panjang(ind), monyet ekor panjang(ind), long-tailed macaque(eng), crab-eating monkey(eng)
Deskripsi:
Monyet kera adalah hewan mamalia dalam keluarga Cercopithecidae. Monyet ini sangat adaptif dan termasuk hewan liar yang mampu mengikuti perkembangan peradaban manusia. Selain menjadi hewan timangan atau pertunjukan, monyet ini juga digunakan dalam berbagai percobaan kedokteran. 
Monyet kera umum ditemukan di hutan-hutan pesisir (mangrove, hutan pantai), dan hutan-hutan sepanjang sungai besar; di dekat perkampungan, kebun campuran, atau perkebunan; pada beberapa tempat hingga ketinggian 1.300 m dpl. Jenis ini sering membentuk kelompok hingga 20-30 ekor banyaknya; dengan 2-4 jantan dewasa dan selebihnya betina dan anak-anak.
Monyet ini memakan aneka buah-buahan dan memangsa berbagai jenis hewan kecil seperti ketam, serangga, telur dan lain-lain. Kadang-kadang kelompok monyet ini memakan tanaman di kebun dan menjadi hama.
Monyet bertubuh kecil sedang; dengan panjang kepala dan tubuh 400-470 mm, ekor 500-600 mm, dan kaki belakang (tumit hingga ujung jari) 140 mm. Berat hewan betina 3-4 kg, jantan dewasa mencapai 5-7 kg.
Warna rambut di tubuhnya cokelat abu-abu hingga tengguli; sisi bawah selalu lebih pucat. Jambang pipi sering mencolok. Bayi-bayinya berwarna kehitaman.
Penyebaran:
Monyet kera di Indonesia ditemukan mulai pulau sumatera, kalimantan, jawa, bali sampai Nusa Tenggara.
Konservasi: 
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.