Breaking News
recent

Gunung Kembar; Aceh


Maps: 3.8277877,97.0926986
Deskripsi:
Administrasi Pemerintahan:
Gunung Kembar berlokasi di Blangtemung, Dabun Gelang, Kabupaten Gayo Lues, Nangroe Aceh Darussalam.
Bentuk:
Ketinggian:
2,245 metre (7,365 ft)
Letusan Terakhir((Volcanic Explosivity Index):
Kondisi Fisik:
Gunung Kembar adalah sebuah gunung berapi Pleistosen yang terdapat fumarol, bernama Gayolesten, Sehingga memiliki potensi tenaga panas bumi yang cukup besar dan jika dikelola dapat dijadikan sebagai sumber energi.
-
Iklim:
Secara umum Wilayah Kabupaten Gayo Lues termasuk dalam tipe iklim Muson, dengan klasifikasi menurut Mohr, Schimidt dan Ferguson termasuk Iklim B (basah). Iklim Kabupaten Gayo Lues lebih basah jika dibandingkan dengan bagian utara Provinsi Aceh. Hal ini akibat pengaruh letak Kabupaten Gayo Lues di daerah medium sampai tinggi, dimana daerah ini mempunyai curah hujan yang tinggi. Pada tahun 2010 rata-rata curah hujan tahunan di kabupaten ini berkisar 182,6 mm/bulan, dengan rata-rata hari hujan 14 hari per bulan. Pada Bulan Maret mempunyai curah hujan bulanan mencapai puncak yaitu dengan curah hujan tertinggi 447,5 mm/bulan dengan jumlah hari hujan 24 hari/bulan. Sedangkan curah hujan paling rendah terjadi pada Bulan Juli dengan rata-rata curah hujan 43,5 mm/bulan dengan jumlah hari hujan 6 hari/bulan.
Rata-rata suhu udara bulanan di Kabupaten Gayo Lues adalah 27'C. Bulan terpanas terjadi pada Bulan Maret-Mei yaitu berkisar 30'C, sedangkan Bulan September- Desember merupakan bulan-bulan dengan suhu terendah, dengan suhu udara berkisar 25'C. Kelembaban udara di Kabupaten Gayo Lues cukup tinggi yaitu berkisar 84–89% dengan rata-rata dalam 10 tahun terakhir 86,6 %. 
Keterangan Pendukung:
-
Kawasan Konservasi: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.