Breaking News
recent

Ficus benjamina

Klasifikasi:
http://adf.ly/1VKg7e
Kingdom:
(unranked):
(unranked):
(unranked):
Order:
Family:
Tribe:
Genus:
Subgenus:
Species:
F. benjamina
Binomial:
Ficus benjamina
L. 1767
Nama Lain: Beringin; waringin (jawa);Weeping fig (english)
Deskripsi:

Beringin (Ficus benjamina) adalah pohon dari keluarga ara-araan atau Moraceae), dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot. Pemulia telah mengembangkan beringin berdaun loreng (variegata) yang populer sebagai tanaman hias ruangan. Beringin juga sering digunakan sebagai objek bonsai
Pohon ini banyak dijumpai di Indonesia, baik di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Pohon beringin memiliki tinggi 20-25 m, dengan batang Tegak, bulat, percabangan simpodial, permukaan kasar, pada batang tumbuh akar gantung, coklat kehitaman. Jenis daunnya adalah daun tunggal, bersilang berhadapan, lonjong, tepi rata, ujung runcing, pangkal tumpul, panjang 3-6 cm, lebar 2-4 cm, bertangkai pendek, pertulangan menyirip, hijau. Memiliki bunga tunggal, di ketiak daun, tangkai silindris, kelopak bentuk corong, hijau, benang sari dan putik halus, kuning, mahkota bulat, halus, kuning kehijauan. Buah nya Buni, bulat, panjang 0,5-1 cm, masih muda berwarna hijau dan setelah tua menjadi merah. Biji Bulat, keras, putih. Akar Tunggang, berwarna coklat.
Pohon Beringin memiliki Kandungan Kimia yang terdapat pada Daun, akar dan kulit batang yang mengandung saponin, falvonoida dan polifenol.
Penyebaran:

Beringin (Ficus benjamina) menyebar di seluruh hutan di Indonesia. 
Konservasi: Taman Wisata Alam Pulau Weh; ...
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.