Breaking News
recent

Enhalus acoroides

Klasifikasi:
http://adf.ly/1VpAmf
Kingdom:
(unranked):
(unranked):
Order:
Family:
Genus:
Species:
E.  acoroides
Binomial:
Enhalus acoroides
(L.f.) Royle
Nama Lain: Lamun (...?), Tape Seagrass(eng)
Deskripsi:
Lamun (seagrass) adalah tumbuhan berbunga (Angiosperms) dalam keluarga Hydrocharitaceae yang sudah sepenuhnya menyesuaikan diri hidup terbenam di dalam laut.
Tumbuhan ini mempunyai beberapa sifat yang memungkinkan hidup di lingkungan laut, yaitu mampu hidup di media air asin, mampu berfungsi normal dalam keadaan terbenam, mempunyai sistem perakaran jangkar yang berkembang baik, mampu melaksanakan penyerbukan dan daur generatif dalam keadaan terbenam. Secara struktural lamun memiliki batang yang terbenam dalam tanah yang disebut rimpang. Rimpang dan akar lamun terbenam di dalam substrat yang membuat lamun dapat berdiri dengan kuat menghadapi arus dan ombak.
Daun tali berbentuk timbul, yang secara langsung tumbuh dari rimpang dan panjangnya dapat mencapai 1m. Pertumbuhannya, pada permukaan diserbuki dengan bunga jantan yang melepaskan diri dari tanaman dan mengapung di permukaan sampai mereka mencapai bunga betina dimana penyerbukan dapat terjadi.
Faktor Lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan lamun adalah suhu, kecerahan, salinitas, subtrat, arus, kedalaman, nutrient dan gelombang. Rumput ini sangat sensitif terhadap kelebihan siltasi (kekeruhan) yang disebabkan oleh erosi karena penebangan hutan dan aktivitas manusia, penambangan, tumpahan minyak di laut, dan disposal sampah. 
Faktor yang penting yang mempengaruhi hidup lamun adalah genangan air laut, substrat dan cahaya. Sebagian besar rumput ini tumbuh dalam substrat pasir dan lumpur, bahkan pada bebatuan. Adapun cahaya sangat mempengaruhi pertumbuhannya dalam proses fotosintesis. 
Tumbuhan laut ini dapat tumbuh pada kisaran suhu 26-380 C, dan perubahan temperatur berpengaruh nyata terhadap kehidupan lamun, diantaranya mempengaruhi proses metabolisme, penyerapan unsur hara, dan kelangsungan hidupnya. Lamun dapat mentolerir sakinitas 10-40% dengan nilai optimummya adalah 35%. Salinitas berpengaruh terhadap umur dan jenis lamun. Kedalaman perairan membatasi penyebaran dan pertumbuhan lamun. 
Penyebaran: 
Enhalus acoroides tersebar luas di Indo-Pasifik. Di Pasifik, ditemukan dari selatan Jepang ke Taiwan, hingga  ke Filipina, Indonesia, dan Malaysia. kemudian diperluas di seluruh Teluk Thailand dan pantai Vietnam ke Hainan, Cina. Hal ini terjadi di seluruh kepulauan Asia Tenggara ke Kaledonia Baru, Australia utara dan di Mikronesia ke Kepulauan Mariana Utara.
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.