Breaking News
recent

Avicennia Genus

Klasifikasi:
http://adf.ly/1VmjOX
Kingdom:
(unranked):
(unranked):
(unranked):
Order:
Family:
Subfamily:
Genus:
Avicennia
L.
Nama Lain: Api-api, mangi-mangi, sia-sia, boak, koak, marahu, pejapi, papi, nyapi
Deskripsi:
Api-api adalah nama sekelompok tumbuhan dari marga Avicennia, keluarga Acanthaceae. Api-api biasa tumbuh di tepi atau dekat laut sebagai bagian dari kelompok hutan bakau
Api-api menyukai rawa-rawa mangrove, tepi pantai yang berlumpur, atau di sepanjang tepian sungai pasang surut. Beberapa jenisnya, seperti A. marina, memperlihatkan toleransi yang tinggi terhadap kisaran salinitas, mampu tumbuh di rawa air tawar hingga di substrat yang berkadar garam sangat tinggi.
Akar napas api-api yang padat, rapat dan banyak sangat efektif untuk menangkap dan menahan lumpur serta berbagai sampah yang terhanyut di perairan. Jalinan perakaran ini juga menjadi tempat mencari makanan bagi aneka jenis kepiting bakau, siput dan teritip.
Kebanyakan jenisnya merupakan jenis pionir dan oportunistik, serta mudah tumbuh kembali. Pohon-pohon api-api yang tumbang atau rusak dapat segera trubus (bersemi kembali), sehingga mempercepat pemulihan tegakan yang rusak.
Ciri-ciri:

Akar
serupa paku yang panjang dan rapat, muncul ke atas lumpur di sekeliling pangkal batangnya.
Daun
Daun api-api berwarna putih di sisi bawahnya, dilapisi kristal garam, dipermukaan bawah terdapat kelenjar garam. Ini adalah kelebihan garam yang dibuang oleh tumbuhan tersebut.
Biji/Buah
Biji api-api berkecambah tatkala buahnya belum gugur, masih melekat di rantingnya. Dengan demikian biji ini dapat segera tumbuh sebegitu terjatuh atau tersangkut di lumpur.

-
Penyebaran:
Spesies beserta penyebarannya di Asia Tenggara berdasarkan sub spesies:
  • Avicennia alba (api-api hitam). Menyebar mulai dari pantai barat India, Asia Tenggara termasuk Kepulauan Nusantara dan Filipina selatan hingga ke Kepulauan Palau dan Solomon di Pasifik selatan.
  • Avicennia marina (api-api putih). Memiliki anak jenis (subspesies) paling banyak dan sebaran yang paling luas, mulai dari pantai timur Afrika, Teluk Persia, India, Asia Tenggara, ke timur hingga RRC dan Jepang, serta ke selatan menyebar di seluruh kawasan Indomalaya hingga ke Australasia dan kepulauan di Pasifik Selatan. 
  • Avicennia officinalis (api-api daun lebar, api-api ludat). Serupa dengan A. alba, menyebar mulai dari pantai barat India, Asia Tenggara, Kepulauan Nusantara dan Filipina, hingga ke Australasia, terutama melalui pesisir selatan Papua hingga ke Papua Nugini. 
  • Avicennia rumphiana. Agak jarang ditemukan, api-api ini menyebar terutama di Kepulauan Nusantara, mulai dari Malaysia di barat, Filipina di utara, hingga Papua di timur.
  • Avicennia Lanata. Menyebar di Kalimantan, Bali, Lombok, Semenanjung Malaysia, Singapura.
  • Avicennia eucalyptifolia. Hanya tersebar di Irian Jaya dan PNG
Konservasi:
Aceh: Taman Wisata Alam Pulau Weh; ...
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.