Breaking News
recent

Trachypithecus auratus

<<< back Fauna  
Klasifikasi;
http://s3.zoochat.com.s3.amazonaws.com/large/langur_de_java_8-2593.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species group:
Species:
T. auratus
Binomial:
Trachypithecus auratus
É. Geoffroy, 1812
Nama Lain; Lutung Jawa(Javan lutung), Lutung Budeng, Javan Langur
Deskripsi;
Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) adalah sejenis lutung dalam anggota suku Cercopithecidae. Spesies ini adalah hewan diurnal, yakni aktif pada waktu siang hari di atas pepohonan. Makanan pokoknya terdiri dari tumbuh-tumbuhan. Memakan dedaunan, buah-buahan dan bunga. Selain itu juga memakan larva serangga.
Hewan ini diketahui menghuni berbagai tipe hutan, mulai dari hutan mangrove, hutan pantai, hutan rawa air-tawar, hutan hujan dataran rendah, hutan gugur daun tropika, serta hutan pegunungan hingga ketinggian sekitar 3.000-3.500 m dpl. Juga ditemukan di hutan-hutan tanaman jati, rasamala, dan akasia. Di wilayah Pegunungan Dieng, spesies ini didapati baik di hutan primer maupun sekunder, di bagian tepi maupun di pedalaman hutan.
Lutung Jawa berukuran sedang, dengan panjang kepala dan tubuh antara 46-75 cm. Memiliki rambut tubuh berwarna hitam. Dan seperti jenis lutung lainnya, spesies ini memiliki ekor yang panjang, antara 61-82 cm. Jantan dan betina dewasa umumnya berwarna hitam, dengan betina memiliki warna putih kekuningan di sekitar kelaminnya. Anak lutung memiliki rambut tubuh berwarna jingga keemasan. Subspesies nominal, T. a. auratus yang menyebar di Jawa bagian timur, kadang-kadang memiliki individu dewasa yang berwarna jingga seperti bayi lutung, namun sedikit lebih gelap dengan ujung rambut kuning.
Penyebaran di Indonesia;
Lutung budeng tersebar di hutan-hutan Pulau Jawa, Bali dan Lombok. Sejauh ini diakui dua subspesies dari lutung budeng, yang dibedakan dari daerah sebarannya:
Sumber;
<<< back Fauna  
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.