Breaking News
recent

Tarsius sangirensis

<<< back Fauna  
Klasifikasi;
http://cdn2.arkive.org/media/AE/AE1967ED-7FEF-43B7-A468-9C14DB73FC10/Presentation.Large/Sangihe-tarsier.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Suborder:
Infraorder:
Family:
Genus:
Tarsius
Storr, 1780
Spesies:
T.sangirensis
Binomial:
Tarsius sangirensis
Meyer, 1897
Nama Lain; Tarsius Sangihe(Sangihe tarsier), Sangihe Island Tarsier
Deskripsi; 
Tarsius Sangihe(Tarsius sangirensis) adalah primata dari keluarga Tarsiidae. Habitat primata kecil ini ditemukan di hutan primer, sekunder dan hutan bakau, taman hutan, dan berbagai habitat lain dari berbagai tingkat gangguan manusia yang memberikan penutup semak yang memadai. Seperti semua tarsius yang menunjukkan adaptasi ekstrim untuk menempel vertikal dan melompat (VCL) di understory habitat tropis. 
Ciri fisik primata yang sangat kecil ini memiliki berat antara 100-120 gram. Memiliki gigi yang tajam, dengan ekor yang sangat panjang dibandingkan dengan ukuran tubuh dan digunakan untuk dukungan sementara stasioner tetapi tidak benar-benar dapat memegang. Bulu hewan bagian atas adalah coklat kekuningan dengan warna dasar adalah abu-abu gelap. Bagian bawah sedikit putih dengan dasar abu-abu terang. Matanya yang bergerak, tetapi juga memiliki kemampuan untuk memutar kepala 180 derajat nya. Cara terbaik untuk membedakan spesies ini dari spesies tarsius lain adalah dengan jumlah bulu di ekornya, dan suaranya. Ekor Tarsius sangihe memiliki tudung yang jarang bulu bagian punggungnya, dan tidak memiliki sisik di bawahnya.
Penyebaran di Indonesia;
Spesies ini, tercatat hanya ditemukan di pulau Sangihe (Suaka Margasatwa Karakelang), Sulawesi Utara, Indonesia (Riley 2002). 
Sumber;
<<< back Fauna 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.