Breaking News
recent

Tarsius bancanus

<<< back Fauna  
Klasifikasi;
http://imgc.allpostersimages.com/images/P-473-488-90/66/6627/AZJE100Z/posters/frans-lanting-western-tarsier-clinging-to-tree-tarsius-bancanus-sabah-borneo.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Suborder:
Infraorder:
Family:
Genus:
Tarsius
Storr, 1780
Spesies:
T. bancanus
Binomial:
Tarsius bancanus
Horsfield, 1821
Nama Lain; Tarsius Bangka, Mentilin, Horsfield’s Tarsier, Western Tarsier
Deskripsi;
Tarsius Bangka (Tarsius bancanus) merupakan primata terkecil dari keluarga Tarsiidae. Spesies ini dapat hidup di hutan primermaupun sekunder, serta di sepanjang pantai atau di tepi perkebunan (Niemitz 1979). Bahkan sering digambarkan sebagai spesies dataran rendah, di bawah 100 m dpl; Namun, ada setidaknya satu catatan, yang menunjukkan primata ini terdapat di ketinggian 1.200 m dpl, yaitu di Taman Nasional Bukit Baka-Bukit RayaKalimantan Barat.(Gorog dan Sinaga)
Secara umum, Tarsius ini mempunyai ciri-ciri dan perilaku seperti jenis-jenis tarsius lainnya, dan yang paling menonjol adalah memiliki sepasang mata yang sangat besar.
Tarsius Bangka merupakan binatang karnivora. Makanan utama nya adalah serangga seperti belalang, kumbang, kupu-kupu, belalang sembah, semut, dan jangkrik, akan tetapi fauna ini juga memakan berbagai vertebrata kecil lainnya seperti kelelawar dan ular.
Tubuh primata ini relatif mungil dengan panjang tubuhnya berkisar antara 12-15 cm dengan berat tubuh sekitar 128 gram (jantan) dan 117 gram (betina). Bulu tubuh mentilin berwarna coklat kemerahan hingga abu-abu kecoklatan. Primata terkecil ini memiliki ekor yang panjang, bahkan melebihi panjang tubuhnya. Panjang ekor nya  bisa mencapai 18-22 cm.
Penyebaran di Indonesia;
Tarsius bangka merupakan satwa identitas Provinsi Bangka Belitung. Tarsius ini tersebar di sebagian Sumatera dan pulau Kalimantan.
Tentang subspesies dari Tarsius ini, terbagi menjadi: 
Sumber;
<<< back Fauna 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.