Breaking News
recent

Semioptera wallacii

<<< back Fauna
Klasifikasi;
http://41.media.tumblr.com/096fd24ffe80e9150b15311aa4c8aed1/tumblr_mul6zrmCsU1rxyvj1o1_1280.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Semioptera
G.R. Gray, 1859
Species:
S. wallacii
Binomial:
Semioptera wallacii
G.R. Gray, 1859
Nama Lain; Burung Bidadari halmahera, standardwing
Deskripsi;
Burung Bidadari halmahera, Semioptera wallacii adalah jenis Cendrawasih pemakan serangga(insectifora), artropoda, dan buah-buahan(frutivora), yang merupakan satu-satunya anggota genus Semioptera.
Cendrawasih ini berukuran sedang, sekitar 28cm, berwarna cokelat-zaitun. Burung jantan bermahkota warna ungu dan ungu-pucat mengkilat dan warna pelindung dadanya hijau zamrud. Cirinya yang paling mencolok adalah dua pasang bulu putih yang panjang yang keluar menekuk dari sayapnya dan bulu itu dapat ditegakkan atau diturunkan sesuai keinginan burung ini. Burung betinanya yang kurang menarik berwarna cokelat zaitun dan berukuran lebih kecil serta punya ekor lebih panjang dibandingkan burung jantan.
Burung jantan bersifat poligami. Mereka berkumpul dan menampilkan tarian udara yang indah, meluncur dengan sayapnya dan mengembangkan bulu pelindung dadanya yang berwarna hijau mencolok sementara bulu putih panjangnya di punggungnya dikibar-kibarkan.  
Penyebaran di Indonesia;
Burung Bidadari halmahera adalah burung endemik kepulauan Maluku Utara dan merupakan jenis burung cenderawasih sejati yang tersebar paling barat.
Sumber;
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.