Breaking News
recent

Rusa timorensis

Klasifikasi;
http://tamansafari.com/fauna/upload/8_Rusa_sambar.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Subfamily:
Genus:
Species:
R. timorensis
Binomial:
Rusa timorensis
(de Blainville, 1822)
Nama Lain; Rusa Jawa, Rusa sambar Sunda, Javan Deer, Sunda Sambar, Rusa, Rusa Deer, Javan Rusa, Timor Deer.
Deskripsi;
Rusa Jawa atau sambar Sunda (Rusa timorensis) adalah jenis rusa dalam keluarga Cervidae. Rusa timor (Cervus timorensis) merupakan hewan yang dapat aktif di siang hari (diurnal) maupun di malam hari (nokturnal), tergantung kondisi habitatnya. 
Habitat rusa jawa adalah padang rumput pada daerah beriklim tropis dan subtropis, namun binatang ini mampu beradaptasi di habitat yang berupa hutan, pegunungan, dan rawa-rawa. Rusa ini dapat hidup hingga ketinggian 900 meter dpl.
Rusa Jawa mempunyai bulu berwarna coklat kemerah-merahan hingga abu-abu kecoklatan dengan bagian bawah perut dan ekor berwarna putih. Rusa dewasa mempunyai panjang badan berkisar antara 195-210 cm dengan tinggi badan mencapai antara 91-110 cm. Sedangkan berat badan mencapai antara 103-115 kg, walaupun yang berada dipenangkaran mampu memiliki bobot sekitar 140 kg. Ukuran nya, meskipun kalah besar dari sambar (Cervus unicolor) namun dibandingkan dengan rusa jenis lainnya seperti rusa bawean, dan menjangan, ukuran tubuhnya lebih besar.
Rusa jantan memiliki tanduk (ranggah) yang bercabang. Tanduk akan tumbuh pertama kali pada anak jantan saat umur 8 bulan. Setelah dewasa, tanduk menjadi sempurna yang ditandai dengan terdapatnya 3 ujung runcing.
Penyebaran di Indonesia;
Rusa Jawa atau sambar Sunda (Rusa timorensis) adalah jenis rusa yang endemik di wilayah pulau Jawa, Bali dan Timor, NTT (termasuk Timor Leste) di Indonesia. Rusa timor (Cervus timorensis) ditetapkan menjadi fauna identitas Nusa Tenggara Barat.
Rusa Jawa terbagi menjadi 7 subspesies berdasarkan penyebarannya, yaitu;
Sumber;
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.