Breaking News
recent

Rhinoceros sondaicus

Klasifikasi;
http://adf.ly/1UNO7l
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
R. sondaicus
Binomial:
Rhinoceros sondaicus
Desmarest, 1822
Nama Lain; Badak jawa(The Javan rhinoceros), badak bercula-satu kecil(lesser one-horned rhinoceros), the Sunda rhinoceros
Deskripsi;
Rhinoceros sondaicus (Badak Jawa) adalah anggota famili Rhinocerotidae dan satu dari lima badak yang masih ada. Badak jawa adalah hewan herbivora, hidup di hutan hujan dataran rendah, rumput tinggi dan tempat tidur alang-alang yang banyak dengan sungai, dataran banjir besar atau daerah basah dengan banyak kubangan lumpur.
Badak ini memiliki panjang 3,1–3,2 m dan tinggi 1,4–1,7 m. Badak ini lebih kecil daripada badak india dan lebih dekat dalam besar tubuh dengan badak hitam. Ukuran culanya biasanya lebih sedikit daripada 20 cm, lebih kecil daripada cula spesies badak lainnya.
Penyebaran di Indonesia;
Walaupun bernama Badak Jawa, akan tetapi hewan ini menyebar hampir di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, sepanjang Asia Tenggara dan di India serta Tiongkok.
Populasi 40-50 badak hidup di Taman Nasional Ujung Kulon di pulau Jawa Barat, Indonesia. Populasi badak Jawa di alam bebas lainnya berada di Taman Nasional Cat Tien, Vietnam dengan perkiraan populasi tidak lebih dari delapan pada tahun 2007.
Kawasan yang diidentifikasikan aman dan relatif dekat adalah Taman Nasional Halimun di Gunung Salak, Jawa Barat yang pernah menjadi habitat badak Jawa.
Rhinoceros sondaicus memiliki tiga sub spesies, yaitu:
  • Rhinoceros sondaicus sondaicus, tipe subspesies yang diketahui sebagai badak Jawa Indonesia' yang pernah hidup di Pulau Jawa dan Sumatra. Kini populasinya hanya sekitar 40-50 di Taman Nasional Ujung Kulon yang terletak di ujung barat Pulau Jawa. Satu peneliti mengusulkan bahwa badak jawa di Sumatra masuk ke dalam subspesies yang berbeda, R.s. floweri, tetapi hal ini tidak diterima secara luas.
  • Rhinoceros sondaicus annamiticus, diketahui sebagai Badak Jawa Vietnam atau Badak vietnam, yang pernah hidup di sepanjang Vietnam, Kamboja, Laos, Thailand dan Malaysia. Annamiticus berasal dari deretan pegunungan Annam di Asia Tenggara, bagian dari tempat hidup spesies ini. Kini populasinya diperkirakan lebih sedikit dari 12, hidup di hutan daratan rendah di Taman Nasional Cat Tien, Vietnam. Analisis genetika memberi kesan bahwa dua subspesies yang masih ada memiliki leluhur yang sama antara 300.000 dan 2 juta tahun yang lalu.
  • Rhinoceros sondaicus inermis, diketahui sebagai Badak jawa india, pernah hidup di Benggala sampai Burma (Myanmar), tetapi dianggap punah pada dasawarsa awal tahun 1900-an. Inermis berarti tanpa cula, karena karakteristik badak ini adalah cula kecil pada badak jantan, dan tak ada cula pada betina. Spesimen spesies ini adalah betina yang tidak memiliki cula. Situasi politik di Burma mencegah taksiran spesies ini di negara itu, tetapi keselamatannya dianggap tak dapat dipercaya.
Sumber;
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.