Breaking News
recent

Presbytis frontata

<<< back Fauna  
Klasifikasi;
https://farm3.staticflickr.com/2583/4442246866_150bc19fbb_o.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
P. frontata
Binomial:
Presbytis frontata
(Müller, 1838)
Nama Lain; Lutung Dahi Putih, white-fronted surili
Deskripsi;
Lutung Dahi Putih(Presbytis frontata) adalah spesies primata dalam keluarga Cercopithecidae. Sangat sedikit yang mengetahui tentang habitat dan ekologi dari spesies ini. Habitat alamnya adalah hutan kering subtropis atau tropis.
Lutung Dahi Putih memiliki jambul sagittal tinggi yang menjorok ke depan. Punggung spesies ini berwarna coklat keabu-abuan dan sisi ventral berwarna coklat kekuningan, dengan bintik putih yang berbeda di dahi. Ekor abu-abu kekuningan, dengan warna kehitaman dari tangan, kaki, alis, mahkota puncak dan pipi. Ada warna cahaya patch yang frontal di puncak mahkota.  
Spesies ini memiliki perut sacculated untuk membantu dalam pemecahan selulosa dan juga memiliki kelenjar ludah. Gigi seri sempit dan  molar tajam, puncak tinggi. Rahang mendalam dan wajah yang pendek serta lebar. Berat rata-rata untuk jantan dewasa adalah 5.67 kg dan untuk betina dewasa adalah 5.56 kg.
Ada dua subspesies untuk primata ini, yaitu: 
  • P. f. frontata secara umum berwarna kecoklatan, dengan lengan, kaki bagian atas, sisi kepala dan ekor berwarna gelap. Dagu dan pipi yang lebih rendah berwarna keabu-abuan. Titik putih di dahi secara kasar berbentuk segitiga.
  • P. f. nudifrons secara umum berwarna keabu-abuan gelap dengan tangan kehitaman, kaki dan pangkal ekor. Bagian bawah dan ujung ekor berwana pucat abu-abu-coklat dengan tenggorokan putih. Titik putih di dahi agak persegi dibandingkan dengan P. f. frontata dan dibagi oleh garis vertikal, serta rambut hitam pendek. 
Penyebaran di Indonesia;
P. frontata endemik Kalimantan, dan terbatas pada selatan-timur Kalimantan, timur Sungai Barito. Hal ini direkam di Kalimantan Timur (Taman Nasional Kayan-mentarang ) antara Sungai Kayan dan Banjarmasin di Kalimantan Selatan
Sementara itu, P. f. nudifrons tercatat dari pusat Sarawak antara Sungai Rajang dan Batang Lupar, termasuk Lanjak Entimau Wildlife Sanctuary.
Sumber;
<<< back Fauna  
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.