Breaking News
recent

Neofelis diardi

<<< back Fauna  
Klasifikasi;
http://m4.i.pbase.com/u16/charliedoggett/large/42082184.CloudedLeopard5492.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Subfamily:
Genus:
Species:
N. diardi
Binomial:
Neofelis diardi
(G. Cuvier, 1823)
Subspecies:
(Wilting et al., 2007)
(Wilting et al., 2007)

Nama Lain; Macan Dahan Kalimantan, Sundaland clouded leopard, Enkuli Clouded Leopard, Sunda Islands Clouded Leopard, Sundaland Clouded Leopard
Deskripsi;
Macan dahan (Neofelis diardi) adalah kucing liar berukuran sedang yang dijadikan sebagai spesies terpisah dari kerabat dekatnya, Neofelis nebulosa, dalam keluarga Felidae. Sebelumnya, spesies ini dikenal sebagai Macan dahan Kalimantan.
Di Kalimantan, mereka bisa ditemui di hutan hujan dataran rendah dan dalam kepadatan yang lebih rendah di hutan tebang. Catatan di Kalimantan menunjukkan bahwa di bawah 1,500 m (4,900 ft). Di Sumatera tampaknya mereka ada lebih banyak di daerah perbukitan dan pegunungan.
Macan dahan kalimantan adalah kucing dan pemangsa terbesar yang ada di Kalimantan, dengan badan yang kekar, beratnya antara 12-25 kg sedangkan panjangnya seiktar 90 cm. Gigi taringnya sepanjang dua inci, secara proporsional terhadap tengkoraknya ini adalah gigi taring terpanjang dibanding kucing-kucing yang masih ada. Ekornya dapat tumbuh sepanjang tubuhnya, membantu keseimbangan tubuhnya. Pola bulunya berupa oval tak beraturan dengan sisi tepi hitam, dan di dalamnya ada titik-titik hitam (yang menyebabkannya lebih gelap daripada macan dahan Malaya). Pada lapisan rambut pada tubuhnya terdapat tutul-tutul yang konon berbentuk mirip awan, yang memberinya nama clouded leopard dalam Bahasa Inggris.
Meski para ilmuwan telah mengetahui keberadaannya sejak awal abad ke-19, mamalia ini di_identifikasi sebagai spesies yang terpisah pada tahun 2006, karena sebelumnya dianggap sebagai subspesies dari macan dahan (Neofelis nebulosa).
Penyebaran di Indonesia;
· N. d. diardi (Wilting et al., 2007)
Pernah ditemukan di  Kepulauan Batu, dan di wilayah Sumatera bagian barat. Di sumatera, subspesies ini menyebar di bagian barat (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu), sempat terlihat di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan{McCarthy et al. (2015)}.
· N. d. borneensis (Wilting et al., 2007)
Kemungkinan Subspesies ini hanya terdapat di Pulau Kalimantan dan menyebar di bagian tengah (Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah).
Sumber;
<<< back Fauna 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.