Breaking News
recent

Macrocephalon maleo

Klasifikasi;
http://mongabay-images.s3.amazonaws.com/13/1010egg2.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Macrocephalon
S. Müller, 1846
Species:
M. maleo
Binomial:
Macrocephalon maleo
S. Müller, 1846
Nama Lain; Maleo Senkawor atau Maleo
Deskripsi;
Macrocephalon maleo atau Maleo adalah sejenis burung dalam keluarga Megapodiidae. Makanan dari burung ini terdiri dari aneka biji-bijian, buah, semut, kumbang serta berbagai jenis hewan kecil.
Maleo bersarang di daerah pasir yang terbuka, daerah sekitar pantai gunung berapi dan daerah-daerah yang hangat dari panas bumi untuk menetaskan telurnya yang berukuran besar, mencapai lima kali lebih besar dari telur ayam.
Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kulit sekitar mata berwarna kuning, iris mata merah kecoklatan, kaki abu-abu, paruh jingga dan bulu sisi bawah berwarna merah-muda keputihan. Di atas kepalanya terdapat tanduk atau jambul keras berwarna hitam. Jantan dan betina serupa. Biasanya betina berukuran lebih kecil dan berwarna lebih kelam dibanding burung jantan. Maleo Senkawor adalah monogami spesies.
Penyebaran di Indonesia;
burung endemik Indonesia ini hanya ditemukan di hutan tropis dataran rendah pulau Sulawesi seperti di Gorontalo {Bone Bolango dan Pohuwato (Cagar Alam Panua dan Cagar Alam Tanjung Panjang)} dan Sulawesi Tengah {Sigi (Taman Wisata Alam Wera), Tolitoli(Suaka Margasatwa Pulau Pinjan-Tj. Matop) dan Banggai (Suaka Margasatwa Bakiriang dan Suaka Margasatwa Pati-pati)}.
Sumber;
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.