Breaking News
recent

Macaca pagensis

Klasifikasi;
http://www.tier-fotos.eu/1200/mentawei-makak-maennchen-macaca-pagensis-taman-safari-17184.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
M. pagensis
Binomial:
Macaca pagensis
(Miller, 1903)
Nama Lain; Beruk mentawai, Bokoi (bokkoi), The Pagai Island macaque/Pagai macaque
Deskripsi;
Macaca pagensis atau Bokkoi adalah hewan primata dari keluarga Cercopithecidae. Monyet ini termasuk mamalia folivore(pemakan daun) musiman dan frugivora(pemakan buah).
Bokkoi sering ditemui di beberapa habitat seperti hutan bakau, hutan pantai, hutan sekunder, hutan primer, dan hutan-hutan di dekat pemukiman warga. Hewan ini lebih banyak hidup di atas pohon dengan ketinggian antara 24 hingga 36 meter.
Secara umum bokoi mirip dengan beruk pada umumnya. Perbedaan bokkoi dengan beruk jenis lain adalah pada rambut bagian pipi dan mahkota. Bagian pipi bokkoi berwarna lebih gelap daripada beruk lainnya, sedangkan mahkota bokkoi berwarna cokelat serta rambut pada dahi kepala lebih panjang. Bokoi memiliki kantong pipi yang terlihat jelas. Punggung dan tangannya sering digunakan untuk membawa barang dan makanan. Bulu bokoi berwarna cokelat gelap pada bagian belakang sedangkan pada bagian leher, bahu dan bagian bawah berwarna cokelat pucat. Kaki bokoi juga berwarna coklat.
Bokoi memiliki tubuh dengan panjang hewan jantan antara 45 hingga 55cm sedangkan untuk bokoi betina memiliki panjang antara 40 hingga 45 cm. Bokoi memiliki ekor yang cukup panjang, baik bokoi betina maupun jantang memiliki ukuran panjang antara 10 sampai 16 cm. Beruk jenis ini memiliki ukuran cukup besar, beruk jantan rata-rata memiliki berat badan sebesar antara 6 sampai 9 kg. Beruk betina memiliki berat badan yang sedikit ringan yaitu antara 4,5 hingga 6 kg.
Penyebaran di Indonesia;
Bokoi adalah hewan endemik Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Persebaran bokoi hanya terbatas di Pulau Pagai Selatan, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Sipora.
Sumber;
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.