Breaking News
recent

Macaca nigra

Klasifikasi;
http://www.shahrogersphotography.com/gallery/FeaturesStories/BlackcrestedMacaque/T11-109.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
M. nigra
Binomial:
Macaca nigra
(Desmarest, 1822)
Nama Lain; Yaki, Monyet wolai, Monyet hitam sulawesi, Celebes crested macaque, crested black macaque, Sulawesi crested macaque, or the black ape
Deskripsi; 
Monyet hitam Sulawesi (Macaca nigra) adalah jenis monyet makaka dari keluarga Cercopithecidae terbesar yang ada di Pulau Sulawesi.
Monyet ini dapat dijumpai di hutan primer dan sekunder, daerah pesisir maupun di dataran tinggi hingga ketinggian 2000 di atas permukaan laut (dpl). Dari beberapa habitat hidupnya, yaki lebih menyukai tinggal di hutan primer, karena cocok untuk tempat tidur dan mencari makan.
Seperti halnya monyet-monyet lain yang hidup di hutan, Monyet hitam Sulawesi memakan berbagai bagian tumbuhan, seperti daun, pucuk daun, biji, bunga, umbi, dan buah. Mereka juga memakan beberapa jenis serangga, moluska, avertebrata kecil, bahkan ular. Terdapat lebih dari 145 jenis buah yang dimakan.
Ciri yang khas dari monyet ini adalah warna seluruh tubuhnya yang hitam dan memiliki rambut berbentuk jambul di atas kepalanya hingga menyerupai gaya rambut model punk, serta memiliki pantat berwarna merah muda. Moncongnya lebih menonjol jika dibandingkan dengan jenis lainnya.
Tingginya sekitar 44-60 centimeter, dengan berat badan sekitar 7-15 kilogram, cukup besar jika dibandingkan dengan monyet Sulawesi lainnya.
Penyebaran di Indonesia; 
Monyet hitam Sulawesi adalah satwa endemik Indonesia yang hanya terdapat Sulawesi bagian utara dan beberapa pulau di sekitarnya.
Populasi yaki tersebar di beberapa titik di hutan primer Sulawesi Utara, seperti  Bitung, mulai bagian utara hingga ke sungai Ongkak Dumoga. Selain itu juga tersebar di daerah seperti  Kota Mubagu, dan Kota Modayag.
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.