Breaking News
recent

Lophura bulweri

Klasifikasi;
http://cdn2.arkive.org/media/9C/9C50ACD7-2701-4791-86D9-12ECEAEC3B75/Presentation.Large/Male-Bulwers-pheasant-displaying.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Subfamily:
Genus:
Species:
L. bulweri
Binomial:
Lophura bulweri
(Sharpe, 1874)
Nama Lain; Sempidan kalimantan, Beleang Bulwor, Bulwer's pheasant, Bulwer's wattled pheasant, the wattled pheasant, or the white-tailed wattled pheasant.
Deskripsi;
Sempidan kalimantan (Lophura bulweri) adalah burung pemakan terutama terdiri dari buah-buahan, cacing, dan serangga dalam keluarga Phasianinae. Burung ini mendiami bukit dan wilayah bawah hutan pegunungan tropis, cenderung memilih hutan hujan dataran tinggi dan jarang mengunjungi dataran rendah di bawah ketinggian 300 meter (980 kaki).
Burung Sempidan kalimantan memiliki ciri-ciri dimorfisme seksual. Jantannya memiliki total panjang sekitar 80 sentimeter (31 in), dan berbulu hitam dengan dada merah marun, kaki merah, ekor panjang putih murni, bulu melengkung, dan kulit wajah biru cerah dengan dua pial yang menyembunyikan sisi-sisi kepalanya. Betina memiliki total panjang sekitar 55 sentimeter (22 in), dan keseluruhannya berwarna coklat kusam dengan kaki merah dan kulit muka biru.
Penyebaran di Indonesia;
Di Indonesia menyebar di Kalimantan di kawasan konservasi misalnya di Taman Nasional Kayan Mentarang, Kalimantan Timur.
Sumber;
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.