Breaking News
recent

Kawasan Wallacea

Wallacea adalah kawasan biogeografis yang mencakup sekelompok pulau-pulau dan kepulauan di wilayah Indonesia bagian tengah, terpisah dari paparan benua-benuaAsia dan Australia oleh selat-selat yang dalam. Nama Wallacea sendiri diambil dari seorang naturalis Alfred Russel Wallace yang telah mendeskripsikan batas-batas biologis kawasan zoogeografis yang dikenal sebagai Garis Wallace.
Kawasan Wallacea meliputi pulau-pulau Sulawesi (yang terbesar di kelompok ini), Lombok, Sumbawa, Flores, Sumba, Timor, Halmahera, Buru, Seram, serta banyak pulau-pulau kecil di antaranya. Secara umum dapat dikatakan bahwa kawasan Wallacea memuat seluruh Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku. Wilayah ini terletak di antara Paparan Sunda atau Dangkalan Sunda di barat, dan Paparan Sahul atau Dangkalan Sahul di timur. Total luas daratan kawasan Wallacea sekitar 347,000 km².
Garis Wallacea sumber: id.wikipedia.org
adalah sebuah garis hipotetis yang memisahkan wilayah geografi hewanAsia dan Australasia. Bagian barat dari garis ini berhubungan dengan spesies Asia; di timur kebanyakan berhubungan dengan spesies Australia. 
Garis ini diberi nama sesuai nama penemunya, Alfred Russel Wallace, yang menyadari perbedaan yang jelas pada saat dia berkunjung ke Hindia Timur pada abad ke-19. Garis ini melalui Kepulauan Melayu, antara Borneo dan Sulawesi; dan antara Bali (di barat) dan Lombok (di timur). Adanya garis ini juga tercatat oleh Antonio Pigafetta tentang perbedaan biologis antara Filipina dan Kepulauan Maluku, tercatat dalam perjalanan Ferdinand Magellan pada 1521. Garis ini lalu diperbaiki dan digeser ke Timur (daratan pulau Sulawesi) oleh Weber. Batas penyebaran flora dan fauna Asia lalu ditentukan secara berbeda-beda, berdasarkan tipe-tipe flora dan fauna. Garis ini lalu dinamakan "Wallace-Weber".
Flora Kawasan Wallacea
Ciri-ciri flora kawasan Wallacea adalah:
  • Hutan tersebut lebat, terdiri atas beribu-ribu jenis pohon besar dan kecil yang tingginya sampai 60 m. 
  • Terdapat berjenis-jenis palem. 
  • Banyak tumbuh-tumbuhan paku (pakis dan anggrek) — 
  • Terdapat sabana dan stepa
Fauna Kawasan Wallacea
Wilayah fauna Indonesia Tengah terletak diantara Garis Wallace memisahkan wilayah fauna Indonesia Tengah dengan bagian barat dan Garis Weber memisahkan wilayah fauna Indonesia Tengah dengan bagian timur.
Ciri-ciri Fauna Peralihan:
· Hewannya endimik (hanya ada di Indonesia)
· Mirip dengan tipe Australia dan Asia
· Terdapat hewan langka
· Binatangnya sebagai sisa hewan purba yang mampu bertahan

heropolo

heropolo

1 comment:

Powered by Blogger.