Breaking News
recent

hylobates muelleri

Klasifikasi;
http://s3.zoochat.com.s3.amazonaws.com/large/g_big_camera_135_-91626.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
H. muelleri
Binomial:
Hylobates muelleri
Martin, 1841
Nama Lain; Owa kelempiau, owa kalawat, owa-owa (Mly.), kalawet (Day.), klampiau atau kelempiau Müller's Bornean gibbon, grey gibbon, Borneo Gibbon
Deskripsi;
Owa kelempiau (Hylobates muelleri) adalah sejenis kera arboreal yang termasuk ke dalam keluarga Hylobatidae. Primata ini hidup dengan pasangan monogami dan melindungi keluarga dari serangan dengan suara keras dan panjang. Makanan dari Owa-owa adalah buah. 
Owa kelempiau adalah hewan yang beraktivitas pada siang hari dengan habitat pada hutan hujan. Karakteristik Owa-owa  yang nampak adalah memiliki lengan yang panjang untuk berayun dari pohon ke pohon. Owa yang bertubuh kecil, kepala dan tubuh antara 420-470 mm; kaki belakang 128-150 mm; dan beratnya 5,0-6,4 kg.
Tidak seperti jenis ungko lainnya, owa kelempiau tidak menunjukkan dimorfisme dalam warna rambutnya. Warna umum owa kelempiau adalah abu-abu, cokelat abu-abu atau kehitaman, dengan alis berwarna terang keputihan dan warna gelap di atas kepala seperti topi. Namun sedikit banyak warna ini bervariasi pada ketiga subspesiesnya, yaitu: 
  • Hylobates m. muelleri berwarna cokelat abu-abu hingga abu-abu pucat, dengan alis putih tebal dan topi hitam yang terkadang memanjang ke arah tengkuk. Tangan dan kaki umumnya kehitaman, kontras dengan lengan dan tungkai bawah yang keabu-abuan. 
  • H.m. funereus cenderung lebih kehitaman: abu-abu gelap, abu-abu cokelat, dengan warna kehitaman atau cokelat kehitaman pada topi, tenggorokan, dada, perut hingga anus, dan bagian dalam lengan dan kaki. Bagian-bagian lainnya lebih pucat, dan alis berwarna putih, tebal. Ujung tangan dan kaki tak begitu kontras kehitaman, bahkan pada hewan dari bagian utara pulau agak keputihan.  
  • H.m. abbotti seluruhnya pucat keabu-abuan (abu-abu tikus), dengan warna gelap (di sekitar kemaluan) dan terang keputihan (pada alis) yang tidak seberapa kontras. 
Penyebaran di Indonesia;
Owa kelempiau menyebar terbatas (endemik) di Pulau Kalimantan (seluruh pulau, kecuali bagian barat dayanya, yang dihuni owa kalimantan).
Subspesies Owa kelempiau menyebar di Hutan Kalimantan;
Owa-owa dilindungi dalam wilayah taman nasional, yaitu Taman Nasional Betung Kerihun, Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya, Taman Nasional Kayan Mentarang, Taman Nasional Kutai, dan Hutan Lindung Sungai Wain di Indonesia. 
Sumber;
<<< back Fauna 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.