Breaking News
recent

Hylobates moloch

<<< back Fauna  

Klasifikasi;
http://l1.yimg.com/bt/api/res/1.2/yuz6xgTiIQG6HI6wUnq4YQ--/YXBwaWQ9eW5ld3M7Zmk9aW5zZXQ7aD04NTE7cT04NTt3PTYzMA--/http://l.yimg.com/os/246/2013/01/02/Owa-Jawa-KB-Bali-031212-nym-jpg_082444.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
H. moloch
Binomial:
Hylobates moloch
(Audebert, 1798)
Nama Lain; Owa jawa, silvery gibbon, Javan Gibbon
Deskripsi;
Owa jawa (Hylobates moloch) adalah sejenis Primata anggota keluarga Hylobatidae.  Primata ini adalah hewan diurnal dan arboreal, sepenuhnya hidup di atas tajuk pepohonan. Terutama memakan buah-buahan, daun dan bunga-bungaan, kelompok kecil owa jawa menjelajahi kanopi hutan. Spesies ini hanya didapati di bagian barat Pulau Jawa, yakni di hutan-hutan dataran rendah dan hutan pegunungan bawah.
Berat tubuh Owa jawa rata-rata mencapai 8 kg, tidak memiliki ekor, dan tangannya relatif panjang dibandingkan dengan besar tubuhnya. Tangan yang panjang ini diperlukannya untuk berayun dan berpindah di antara dahan-dahan dan ranting di tajuk pohon yang tinggi, tempatnya beraktifitas sehari-hari. Warna tubuhnya keabu-abuan, dengan sisi atas kepala lebih gelap dan wajah kehitaman.
Penyebaran di Indonesia;
Owa jawa menyebar terbatas (endemik) di Jawa bagian barat (Jawa Barat, Banten dan DKI jakarta). Penyebaran paling timur adalah di wilayah Gunung Slamet serta di jajaran Pegunungan Dieng sebelah barat di wilayah Pekalongan, Jawa Tengah.
Ada dua anak jenis owa jawa, yakni:
Sumber;
<<< back Fauna 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.