Breaking News
recent

Hylobates albibarbis

Klasifikasi;
http://blogs.uajy.ac.id/armaedianrevy1332/files/2015/09/hylobates_albibarbis.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
H. albibarbis
Binomial:
Hylobates albibarbis
Lyon, 1911
Nama Lain; Owa kalimantan, owa ungko kalimantan, owa kalawet, Bornean white-bearded gibbon, Bornean agile gibbon, southern gibbon.
Deskripsi;

Owa kalimantan (Hylobates muelleri) adalah sejenis kera arboreal yang termasuk ke dalam suku Hylobatidae. Owa kalimantan semula dianggap sebagai subspesies dari owa kelempiau (H. muelleri), dan kemudian juga owa ungko (H. agilis). Namun berdasarkan kajian DNA, kera ini sekarang diklasifikasikan sebagai spesies tersendiri.
Spesies ini ditemukan di hutan primer, sekunder dan hutan tropis, serta jenis hutan rawa gambut (Buckley 2004; Buckley et al 2006.), tercatat sampai ketinggian 1.200 m dpl (V. Nijman pers. Comm.). Primata ini merupakan hewan arboreal dan diurnal yang dominan pemakan buah, lebih memilih buah-buahan tinggi gula, tetapi juga akan makan daun dan serangga
Penyebaran di Indonesia; Owa kalimantan menyebar terbatas (endemik) di pedalaman Kalimantan, Indonesia, terutama di daerah bagian barat daya pulau di antara aliran sungai Sungai Kapuas (Kalimantan barat) dan Sungai Barito (Kalimantan tengah).
Wilayah konservasi yang menaungi adalah Taman Nasional Gunung Palung, Kalimantan barat.  Pusat Rehabilitasi Kalawet (Yayasan Kalaweit) berlokasi di desa Hampapak, sekitar 15 menit menggunakan speed boat dari kota Palangkaraya, Kalimantan tengah.
Sumber;
<<< back Fauna 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.