Breaking News
recent

Charadrius javanicus

Klasifikasi;
http://01271bfede0954168758-da1041207dde8e2d0a75af6fbedebedf.r83.cf1.rackcdn.com/20121001021515154.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
C. javanicus
Binomial:
Charadrius javanicus
Chasen, 1938
Nama Lain; Burung cerek jawa, Javan plover
Deskripsi;
Burung cerek jawa atau Charadrius javanicus merupakan burung endemik Pulau Jawa. Burung ini merupakan burung pantai yang berukuran kecil. Burung ini biasa ditemukan dalam jumlah yang cukup besar. Hidup di pantai berpasir dan lumpur sekitar pantai
Tubuhnya berukuran kecil(15 cm). Paruh pendek. Tubuh warna coklat dan putih. Warna jantan dan betina sama. Mirip cerek tilil tetapi kepala lebih coklat kemerahan, kaki pucat, dan garis dada tanpa warna hitam. Warna putih kerah belakang biasanya tidak menyambung. Iris coklat, paruh hitam, tungkai berwarna abu-abu zaitun atau coklat pucat.
Mencari makan sendiri atau dalam kelompok kecil. Sering berbaur dengan burung perancah lain. merupakan hewan invertebrata. Sarang berupa cekungan pada tanah. Telur berwarna abu-abu tua, berbintik hitam, jumlah 1-3 butir. 
Penyebaran di Indonesia;
Burung endemik Kepulauan Kangean, Jawa Timur. Selain di pulau Jawa, terdapat pula di Sumatera Bagian selatan (Sumatera selatan, Bengkulu, Lampung), Bali, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara (Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur)
Sumber;
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.