Breaking News
recent

Catopuma badia

<<< back Fauna  
Klasifikasi;
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b7/Chat_Bai_1874.jpg
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
C. badia
Binomial:
Catopuma badia
(Gray, 1874)
Nama Lain; Kucing Merah, Kucing Batu, Bay Cat, Bornean cat, Bornean bay cat, Bornean marbled cat
Deskripsi;
Kucing merah (Catopuma badia/Pardofelis badia) adalah kucing Carnivora dalam keluarga Felidae.
Kucing merah yang endemik Kalimantan dan tersebar secara luas di pulau itu, mereka mendiami hutan tropis yang lebat, dan telah diamati pada singkapan berbatu kapur dan hutan bekas tebangan, dan beberapa dekat dengan pantai. Tapi ada dua konsentrasi laporan di pedalaman pulau itu. Informasi ini menunjukkan bahwa mereka muncul di berbagai jenis habitat, bervariasi dari hutan rawa, dataran rendah dipterocarp hutan sampai hutan bukit sampai setidaknya 500 m (1.600 ft).
Kucing merah jauh lebih kecil daripada kucing emas Asia. Bulunya berwarna cokelat terang, dan lebih pucat di tubuh bagian bawah, bulu di bagian kaki dan ekor agak pucat dan merah. Ekornya memanjang, meruncing pada ujungnya, dengan garis putih di sisi bawah, yang berwarna menjadi lebih putih ke ujung, dan ada bercak hitam kecil di ujung atasnya. Telinga kucing ini bulat, warna bulu pada bagian luar ialah coklat kehitaman, sedangkan bagian dalam berwarna lebih terang.
Antara 1874 hingga 2004, hanya ada 12 spesimen yang diukur. Panjang (kepala dan badan) mereka bervariasi 49,5 sampai 67 cm dengan panjang ekor antara 30 sampai 40,3 cm. Kucing ini diperkirakan memiliki berat dewasa 3-4 kg, tetapi sedikitnya contoh hidup menjadikan sulitnya menentukan perkiraan yang lebih terpercaya.
Kepala kucing ini pendek bulat dan berwarna coklat gelap keabu-abuan dengan dua garis gelap yang berasal dari sudut setiap mata, dan bagian belakang kepala memiliki tanda yang berbentuk 'M' gelap. Bagian belakang telinga yang keabu-abuan gelap, sedikit bintik-bintik putih tengah yang ditemukan pada banyak spesies kucing lainnya. Bagian bawah dagu berwarna putih dan ada dua garis coklat samar di bagian pipi. Proporsi tubuh dan ekornya yang sangat panjang membuat kucing ini terlihat seperti Jaguarundi gaya baru. 
Penyebaran di Indonesia;
Di Indonesia, Kucing Merah menyebar di Pulau Kalimantan. Pada pertengahan 1990-an, penampakan yang paling dapat diandalkan telah dilaporkan dari Sungai Kapuas Hulu di Kalimantan Barat, dan di Taman Nasional Gunung Palung. Salah satu penampakan belum dikonfirmasi terjadi pada 1.800 m (5.900 ft) di Gunung Kinabalu.
Sumber;
<<< back Fauna 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.