Breaking News
recent

Barbourula kalimantanensis

<<< back Fauna 
Klasifikasi;
http://adf.ly/1UkRxe
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
B. kalimantanensis
Binomial:
Barbourula kalimantanensis
Iskandar, 1978
Nama Lain; Katak kepala-pipih kalimantan, Bornean flat-headed frog
Deskripsi;

Katak kepala-pipih kalimantan (Barbourula kalimantanensis) adalah sejenis katak dari keluarga Bombinatoridae. Katak yang langka ini merupakan satu-satunya jenis katak di dunia yang diketahui tidak memiliki paru-paru; meskipun ketiadaan paru-paru ini juga ditemui pada beberapa jenis amfibi lainnya seperti pada salamander dan juga sejenis sesilia.
Katak kepala-pipih kalimantan hidup sepenuhnya akuatik, di wilayah sungai yang berair dangkal namun jernih, dingin (14–17 °C), deras dan berbatu-batu. Katak ini senang bersembunyi di balik bebatuan di dalam air.
Katak yang berukuran sedang; jantan dengan panjang tubuh 68 mm dan betina 77 mm. Kepalanya memipih datar, dengan moncong yang lebar membundar.
Tungkai depan dan belakang dengan selaput renang penuh hingga ke ujung-ujung jarinya yang sedikit membenjol. Jari-jari yang ketiga dan keempat di kaki sama panjang, sebagaimana pula jari-jari kedua dan ketiga di tangan. 
Sisi luar jari tangan dengan sibir kulit sempit. Demikian pula di sepanjang sisi tubuh dan tungkai belakang. Punggungnya dengan kulit yang berbingkul-bingkul atau berbintil runcing, kecoklatan atau kehitaman. Gendang telinga (timpanum) tidak nampak.
Penyebaran di Indonesia; 
Sejauh ini katak kepala-pipih Kalimantan diketahui menyebar terbatas (endemik) hanya di sekitar Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat
Sumber;
<<< back Fauna 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.