Breaking News
recent

Taman Wisata Alam (Laut) Pulau Marsegu; Maluku

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Maluku
Propinsi
:
Maluku
Kabupaten
:
Seram
Luas (Hektar)
:
16.000
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan no. 114/Kpts-II/1999     
Tanggal SK
:
5 Maret 1999
KEADAAN FISIK KAWASAN
Secara administrasi termasuk dalam Pemerintahan Etty, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat, Provinsi Maluku.
Topografi Pulau Marsegu relatif datar dengan tinggi minimum 0-5 m dpl dan tinggi maksimum 5-10 m dpl. Kondisi tanah di Pulau Marsegu berupa pasir dan bebatuan.
Kondisi iklim menurut Tipe iklim Schmidt dan Ferguson, iklim di Pulau Marsegu termasuk Tipe A. Curah hujan rata-rata tahunan sebesar 432 mm/th, dengan temperature harian berkisar 29-30'C.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: jenis-jenis mangrove yang juga terdapat pada daerah lain, seperti Rhizophora mucronata, Rhizophora apiculata, Brugueira gymnorrhiza, Brugueira sexangula, Ceriops tagal, Xylocarpus mollucensis, Xylocarpus granatum, Heritiera littoralis, Lumnitzera littorea, Aegiceras corniculatum, Excoecaria agallocha, Pemphis acidula dan Scyphiphora hydrophyllacea.
Zone terluar dari daerah mangrove adalah Rhizophora mucronata kemudian bercampur dengan Rhizophora apiculata dan dibagian tengah adalah Brugueira gymnorrhiza, Brugueira sexangula, Ceriops tagal, Xylocarpus mollucensis dan Xylocarpus granatum.
Di bagian timur dari Pulau Marsegu terdapat vegetasi hutan pantai yang mempunyai pantai pasir putih sepanjang 1600 meter. Jenis vegetasi yang terdapat pada zone ini adalah Cordia subcordata, Pongamia pinnata, Terminalia catappa dan Baringtonia asiatica.
Di bagian utara pantai pasir putih terdapat zone Ipomea pescaprae yang didominasi oleh rumput angin (Spinifex littoreus) dan Katang-katang (Ipomea pescaprae).
Berikut rincian flora yang teridentifikasi:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: Selain Kelelawar dapat ditemui juga satwa-satwa yang dilindungi seperti Burung Gosong Megaphodius reinwardtii (Maleo) dan Kepiting Kelapa (Birgus latro) atau yang bahasa daerahnya disebut “kepiting kenari”.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:



koordinat: -3.0057513,127.9830753
Sumber:
Download:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.