Breaking News
recent

Taman Wisata Alam (Laut) Kep. Kapoposang; Sulawesi Selatan

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Sulawesi Selatan
Propinsi
:
Sulawesi Selatan
Kabupaten
:
Pangkajene
Luas (Hektar)
:
50.000,00
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan no KEP. 66/MEN/2009  
Tanggal SK
:
-
KEADAAN FISIK KAWASAN
Taman Wisata Alam (Laut) Kep. Kapoposang merupakan bagian dari Kepulauan Spermonde dan secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Provinsi Sulawesi Selatan.
Taman Wisata Perairan Kepulauan Kapoposang dan Laut di sekitarnya yang diserahterimakan dari Departemen Kehutanan ke Departemen Kelautan terdiri dari 6 pulau, yaitu pulau Kapoposang dengan luas ± 42 Ha, Pulau Papandangan dengan luas ± 13 Ha, Pulau Kondongbali dengan luas ± 15 Ha, Tambakhulu ± 5 Ha, Pamanggangang ± 5 Ha dan Suranti ± 4 Ha.
Taman Wisata Perairan (TWP) Kapoposang terletak di Kecamatan Liukang Tupabbiring pada 2 desa berbeda, yakni Desa Mattiro Ujung di sebelah barat, yang meliputi Pulau Pandangan dan Pulau Kapoposang; dan Desa Mattiro Matae di sebelah timur, yang meliputi Pulau Gondongbali, Pulau Tambakulu, Pulau Suranti, dan Pulau Pamanggangan.
Iklim dalam kawasan TWP Kepulauan Kapoposang ditandai oleh dua musim dengan keadaan cuaca yang secara significant berbeda yaitu musim timur (musim Hujan) pada bulan November-Mei dan musim Barat (Kemarau) pada bulan Juni – November. Musim Timur ditandai dengan keadaan laut yang berombak tinggi, curah hujan yang intensif dan angin yang bertiup kencang, sedangkan pada musim Barat laut relative tenang dan curah hujan rendah. Hari hujan 159 hari/tahun. Rata-rata temperature 27'C dan berkisar antara 18'C-37'C.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;

  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:- 
Flora;
Identifikasi sementara terdapat, sentigi (Pemphis acidula), selain itu Hutan bakau terdiri dari jenis Rhizophora sp dan Avicenia sp, terdapat pula Cemara laut (Casuarina equisetifolia).
Berikut rincian flora di kawasan konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Identifikasi sementara terdapat di konservasi ini adalah berupa Elang laut perut putih (Haliaeetus leucogaster), Kuntul puith (Egretta sp), Raja udang (Alcedo atthis), Kalong (Pteropus vampirus), Lumba-lumba abu (Tursiops truncatus), Penyu hijau (Cheloniaa mydas), dan Penyu sisik (Eretmocheys imbricata). Kakatua (Scarus bleekeri).
Biota Laut; Jenis sponges raksasa yaitu Xestopongia sp (di Perairan Batu Mandura), jenis karang terbanyak berupa Acropora sp, Pocillopora sp, Porites sp, Goniopora sp, Alveopora sp, Pectinia sp, Lobophyllia sp, dll. Jenis ikan karang berupa Lele laut (Plotosus lineatus), Ikan kadal (Synodus sp), Lepu ayam (Pterois volitans), Karapu (Cephalopholis miniata), Napoleon (Chelinus undulatus), Ekor kuning (Caesio cuning), Kepe (Chaetodon sp), Angelfish (Centropyge multifasciatus), Bendera (Heniochus singularius), Sersan mayor (Abudefduf sp), Pinguin (Gomphosus varius), Moorish idol (Zanclus canescens).
Jenis lamun berupa Enhalus acroides, Thallasia hemprichii, Cymodocea rotundata, Cymodocea nonosa, Syringodium filiforme, dan Halophila minor. Jenis algea berupa Halimeda cylindracea, Padina gymnospora, Boergesenii forbesii, Hypnea sp, Gracillaria sp, Euchema alvarezii, dll.
Kelompok mollusca yang paling banyak ditemukan di wilayah ini terdiri dari kelas Gastropoda (siput) dan Pelecypoda (Kerang-kerangan), terdapat pula dari kelas Amphineura, Scaphopoda, dan Cephalopoda, terdapat pula siput laut ukuran besar seperti Trocus niloticus, Mata bulan (Turbo marmoratus linnaeus), Keong triton trompet (Charonia tritonis), Kepala kambing (Cassis cornuta), dan Tedong-tedong (Lambis chiragra). 
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -4.6994323,118.3936447
Sumber:
Download:
  • -
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.