Breaking News
recent

Taman Wisata Alam Danau Buyan-Tamblingan; Bali

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Bali
Propinsi
:
Bali
Kabupaten
:
Buleleng
Luas (Hektar)
:
1.703
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan No:144/Kpts-II/1996 
Tanggal SK
:
4 April 1996
KEADAAN FISIK KAWASAN
Menurut klasifikasi iklim Schmit dan Ferguson termasuk kedalam tipe A dengan rata-rata curah hujan 2000-2800 mm/tahun dan rata-rata hujan per tahun 156,6 hari, bulan basah 4-10 dan bulan kering 0-5, dengan suhu berkisar 11,5°-24°C. Lumayan dingin. Saya pernah kesana waktu itu tahun 2005 ketika ada orientasi lapangan tentang Radio Telemetry menggunakan Transmiter yang akan digunakan terhadap burung elang. Kami waktu itu hampir tidak melakukan apa-apa karena kedinginan dan cuaca diliputi kabut tebal.
Topografi kawasan tersebut cukup bervariasi mulai datar, agak curam sampai sangat curam dengan ketinggian antara 1.210-1.350m dpl.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;

  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora;
Jenis-jenis flora yang hidup di TWA ini yang secara alami sukup beragam yaitu Lateng (Laportea sp), Bunut (Ficus indica), Cemara geseng (casuarina junghunia), cemara panduk (Podocarpus imbricata), Anggrek (Orchidaceae)
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Berdasarkan hasil pengamatan langsung yang dilakukan Balai Konservasi Sumber Daya Alam Bali dan beberapa pengamat satwa dan pengamat burung yang melakukan pengamatan dikawasan ini, jenis fauna yang dijumpai terdiri dari jenis Kijang (Muntiacus muntjak), Landak (Hystrix braechura), elang laut Perut Putih (Haliaeetus leucogaster), Elang Brontok ( Nisaetus cirrhatus), Elang Ular Bido (Spilornis cheela), elang Hitam( Ictinaetus malayensis), Elang Perut karat (Hieraaetus kieneri), elang tikus (Elanus caeruleus), Alap-alap sapi (Falco molucensis), Alap-alap kawah (Falco peregrinus), Cekakak sungai (Todirhampus chloris), Cekakak jawa (Halcyon cyanoventris) serta ada juga beberapa jenis migrant seperti Sikep Madu Asia(Pernis ptilorhynchus), Elang-alap cina (Accipiter soloensis), Trinil semak (Tringa glareola).
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -8.245571,115.0542939
Sumber: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.