Breaking News
recent

Taman Nasional Bogani Nani Wartabone; Sulawesi Utara

Unit Pelaksana Teknis
:
Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone
Propinsi
:
Sulawesi Utara; Gorontalo
Kabupaten
:
Bolaang Mongondow; Bone Bolango
Luas (Hektar)
:
287.115,00
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor : 1127/Kpts-II/1992
Tanggal SK
:
19 Desember 1992
KEADAAN FISIK KAWASAN
Taman Nasional Bogani Nani Wartabone adalah taman nasional yang terletak di Semenanjung Minahassa, Sulawesi. Taman nasional ini memiliki luas sebesar 2.871,15 km², yang didirikan pada tahun 1991. Nama taman nasional ini berasal dari Nani Wartabone, Pahlawan Nasional Indonesia.
Secara administratif kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone berada pada dua wilayah kabupaten dan dua wilayah propinsi yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow, Propinsi Sulawesi Utara dan Kabupaten Bone Bolango, Propinsi Gorontalo.
Keadaan iklim di wilayah kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone menurut Schmidt dan Ferguson termasuk dalam tipe A, B dan C. Curah hujan emumnya tersebar merata sepanjang tahun dengan periode relatif basah antara bulan November-Januari dan Maret-Mei. Masa kering antara bulan Agustus-September. Angin dan topografi yang bergunung di wilayah ini sering mempengaruhi curah hujan local terutama jumlah total hujan meskipun dalam jarak dekat. Sebagai contoh di wilayah bagian tengah dan antara (Dumara dan Toraut) curah hujannya tinggi karena pengaruh angin timur laut sedangkan di wilayah Doloduo dan Kosinggolan relatif lebih kering karena pengaruh angin barat daya. Secara umum di lembah Damoga curah hujan rata-rata antara 1.700-2.200 mm pertahun, sedangkan di wilayah Gorontalo rata-rata 1.200 mm pertahun. Adapun suhu udara rata-rata antara 20' C-28' C. 
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu:  yaitu palem matayangan (Pholidocarpus ihur), kayu hitam (Diospyros celebica), kayu besi (Intsia spp.), kayu kuning (Arcangelisia flava) dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus).
Sedangkan tumbuhan yang umum dijumpai seperti Piper aduncum, Trema orientalis, Macaranga sp., cempaka, agathis, kenanga, berbagai macam jenis anggrek, dan tanaman hias.
Berikut rincian flora yang teridentifikasi:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here 
Fauna;
Taman Nasional Bogani Nani Wartabone memiliki 24 jenis mamalia, 125 jenis aves, 11 jenis reptilia, 2 jenis amfibia, 38 jenis kupu-kupu, 200 jenis kumbang, dan 19 jenis ikan. Sebagian besar satwa yang ada di taman nasional merupakan satwa khas/endemik pulau Sulawesi.
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu:  monyet hitam/yaki (Macaca nigra nigra), monyet dumoga bone (M. nigrescens), tangkasi (Tarsius spectrum spectrum), musang Sulawesi (Macrogalidia musschenbroekii musschenbroekii), anoa besar (Bubalus depressicornis), anoa kecil (B. quarlesi), babirusa (Babyrousa babirussa celebensis), dan berbagai jenis burung.
Satwa burung yang menjadi maskot taman nasional adalah maleo (Macrocephalon maleo), dan kelelewar bone (Bonea bidens) merupakan satwa endemik taman nasional.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:



koordinat: 0.5751161,123.4406489
Sumber:
Download:
  • -
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.