Breaking News
recent

Suaka Margasatwa Pelaihari(Tanah Laut); Kalimantan Selatan

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Kalimantan Selatan
Propinsi
:
Kalimantan Selatan
Kabupaten
:
Tanah Laut
Luas (Hektar)
:
6.000,00
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 695/Kpts-II/1991
Tanggal SK
:
10 November 1991
KEADAAN FISIK KAWASAN
Secara Administasi pemerintahan, Suaka Margasatwa Pelaihari terletak di Pelaihari (toponim: Pleihari/Plaijhari) adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Indonesia.
Topografi Kabupaten Tanah Laut umumnya merupakan daerah dataran tinggi dan bergunung-gunung yang terdapat dibagian Utara dan Timur, yaitu tersebar di Kecamatan Pelaihari, Jorong, Batu Ampar, Tambang Ulang dan Kintap.
Beriklim tropis yang dipengaruhi musim hujan dan kemarau.Temperatur suatu tempat bergantung pada tinggi rendahnya tempat tersebut terhadap permukaan laut dan jaraknya dari pantai. Pada tahun 2010 temperatur berkisar antara 20,0–35,2 [0C], kelembaban udara berkisar antara 77,1–85,2 [%], jumlah curah hujan 2.445,6 mm, dan jumlah hari hujan 117 hari.

POTENSI BIOTIK KAWASAN 
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Wilayah propinsi Kalimantan Selatan kaya akan sumber plasma nutfah dan dianggap sebagai tempat asal dari berbagai tumbuhan seperti: Durian (Duriospesi); Tebu (Sacharum Officinarum); Kasturi (Mangifera Delmiana); Rambutan (Nephelium Lappocum)
Hutan Daratan rendah dan tinggi didominasi oleh spesies: Meranti (Dipterocorpus Spesi); Hopea (Hopea spesia); Ulin (Eusideroxlyon); Kempos (Komposia Spesi); Damar (Agathis bornensis); Sindor (Sindora Spesi)
Di daerah hutan tanah bergambut pepohonan utamanya meliputi: Ramin (Gonostylus Bancadud); Jeluntung (Dura Spesi); Ebony (Displyros Spesi)
Di daerah hutan rawa dibagian barat Kalimantan Selatan banyak ditemui: Xylopia Spesi; Tarantang (Comnaperma Spesi); Nipah (Nipahfruitcans)
Di daerah hutan air payau banyak terdapat: Bakau (Rhizospora spesi); Prapat (Soneratia spesi); Api - Api (Avicenia spesi); Bruguira spesi
Dua spesies rotan yaitu spesi dan Daemonorps adalah tanaman memanjat terpenting. Tanaman memanjat lainnya adalah ficus spesi. Di atas pohon-pohon besar di dalam hutan terdapat berbagai anggrek.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;
Sebagai kawasan konservasi untuk melindungi Beruang Madu (Helarctus Malayanus), Kuwau (Argusianus Argus), Pecuk Ular (Cervus Unicolor), dan Kijang Pelaihari (Muntiacus Pleiharicus)
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -3.7895937,114.1863259
Sumber:
 Pdf:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.