Breaking News
recent

Suaka Margasatwa Mamberamo Foja; Papua

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Papua
Propinsi
:
Papua
Kabupaten
:
Memberamo Raya
Luas (Hektar)
:
Surat Keputusan Menteri Pertanian No. 782/Kpts/Um/10/1982
Tanggal SK
:
21 Oktober 1982
KEADAAN FISIK KAWASAN
Berdasarkan pembagian wilayah administrasi pemerintahan, kawasan ini termasuk ke dalam wilayah distrik Arbais, Mamberamo Hulu dan Mamberamo Tengah, Kabupaten Jayapura, Provinsi Irian Jaya dulu. Tetapi sekarang setelah pemekaran, telah termasuk juga dalam wilayah Kabupaten Mamberamo Raya dan Mamberamo Tengah serta sebagian Kabupaten Waropen.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;

  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai:-
Flora;
Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: Rhyzophora, Metroxylon sp, Calophylum sp, Nipafructicaris spp, Pometia sp, Pterocarpus indicus, Casuarina montana, Sterculia, Macrophyllum, Elaecarpus spericus, Agathis labillardicari, Araucaria cunninghamii, Podocarpus neretfolia, Cupressus sp, Araucaria klinkii, Cucaylyphes sp, Intsia sp dan Dillenia sp.
Berikut rincian flora yang teridentifikasi:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna;

Identifikasi sementara di kawasan ini yaitu: Tercatat ada sekitar 332 jenis burung yang diduga hidup di dalam kawasan ini. Diantaranya 22 jenis Kakatua dan Kasturi. Ada juga 16 jenis burung dewata serta Namdur dan burung Namdur emas (Amblornis flavifrons). Sangat menonjol dalam kawasan ini juga adalah burung Dewata (Dreparornis bruijinii), dan Psittaculirostris salvadorii yang diketahui hanya terdapat di bagian utara Papua. Di Mamberamo Foja juga hidup satwa endemic yaitu Philemon brassi.
Dibagian lain, tercatat ada sekitar 80 jenis mamalia termasuk Dasyurus alopunctatus, 5 jenis badikut, 4 jenis kuskus, 4 jenis oposus, 4 jenis kuskus ekor kait (ringtail), Walabi besar (Dorcopsis hageni) dan kanguru pohon (Dendrolagus inustus) yang hidup. Juga terdapat jenis Rodentia, Kelelawar dan Kupu-kupu. Jenis reptil yang terbanyak adalah jenis buaya air tawar (Crocodilus novaeguineae) dan buaya muara (Crocodilus porosus).
Margasatwa Foja juga diwarnai dengan berbagai jenis fauna antara lain, 155 jenis burung. Mamalia dan Reptil yang dominan dalam kawasan ini diantaranya Casuarius-casuarius, Paradise apoda, Lorius domicella, Cacatua galerita triton, Megacephalon maleo, Phalanger sp, Probosciger artterimus, Goura victoria, Lorius roratus, Crocodylus sp, Heradise scorten, Dendrolagus sp, Rallicula forbesi/mayri, Crateroscelis robusta, Heteromyias albispecularis, Amblyyornis macgregoriae, Amalocichla incerta, Sericornis virgatus, Parotia carolea, Maliphaga montana dan Ptilopropra mayri.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here    
Location:



koordinat: -2.5892901,136.8381585
Sumber:
Download:

Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.