Breaking News
recent

Phoenix paludosa

<<< back flora
Klasifikasi;
http://adf.ly/1UMyMX
Kingdom:
Plantae
(unranked):
Angiosperms
(unranked):
Monocots
(unranked):
Commelinids
Order:
Arecales
Family:
Arecaceae
Genus:
Phoenix
Species:
P. paludosa
Binomial:
Phoenix paludosa
Roxb.
Nama Lain; Kurma rawa/Mangrove Date Palm
Deskripsi; 
Kurma rawa (Phoenix paludosa) tumbuh berumpun dengan tinggi batang mencapai 5 meter. Daunnya berbentuk sirip yang mempunyai panjang sekitar dua meter. Pada bagian pangkal daunnya tumbuh duri. Duri-duri ini sebenarnya merupakan anak-anak daun yang berubah bentuknya. Tiap daun mempunyai sekitar 25 anak daun yang tersusun dalam 4-5 kelompok.
Kurma rawa mempunyai perbungaan sepanjang 40 cm. dari bunga ini keluar buah yang berbentuk bulat-bulan kecil.
Kurma rawa banyak dimanfaatkan daunnya oleh penduduk lokal untuk membuat pagar, atap, dan payung. Sedangkan buahnya yang masih muda sering dibuat sayur. Pada batangnya mengandung sagu yang dapat dimakan meskipun produksinya rendah.
Belum banyak penelitian yang mendisikripsikan ciri-ciri biologi dan potensi lebih lanjut dari tumbuhan korma rawa ini, meskipun berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa tumbuhan bernama latin Phoenix paludosa termasuk satu dari 14 anggota suku Arecaceae (Pinang-pinangan) yang dindungi dari kepunahan.
Penyebaran Di Indonesia;
Kurma rawa (Phoenix paludosa) ditetapkan sebagai flora identitas Aceh Tenggara ini di luar Indonesia dapat ditemukan tumbuh alami di sekitar sungai Gangga (India), Semenanjung Malaya, dan Kepulauan Andaman.
Secara umum, di Indonesia menyebar di Sumatera.
Sumber;
<<< back flora
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.