Breaking News
recent

Cyornis ruckii

<<< back Fauna
Klasifikasi;
http://adf.ly/1UNDz6
Kingdom:
Phylum:
Class:
Order:
Family:
Genus:
Species:
C. ruckii
Binomial:
Cyornis ruckii
(Oustalet, 1881)
Nama Lain:
Indonesia : Sikatan Aceh
English :
Rück's blue flycatcher
French : Gobemouche de Rück
Spanish : Papamoscas de Rück


Deskripsi;
Sikatan aceh(Cyornis ruckii) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae. Burung ini adalah burung endemik Sumatera. Jenis ini dianggap dekat dengan Sikatan hainan(Cyornis hainanus) dari Cina selatan dan Indocina.
Berukuran agak besar (17 cm), berwarna biru. Jantan: kepala, tenggorokan, dan dada biru; tunggir dan penutup ekor atas biru berkilap. Perbedaannya dengan Sikatan biru yang masih muda: warna lebih gelap, tungging biru berkilat, paruh lebih besar. Betina:tubuh bagian atas coklat-merah bata, tunggir dan ekor merah bata, dada merah karat menjadi keputih-putihan pada perut.
Perbedaannya dengan Sikatan biru-muda betina: dada merah karat. Remaja: tubuh bagian atas coklat berbintik kuning tua, tubuh bagian bawah bersisik hitam menjadi keputih-putihan pada perut tengah. Dahi, lingkar mata, tenggorokan, dandadanya merah bata. Iris coklat, paruh dan kaki hitam.
Habitat burung ini adalah hutan sekunder dataran rendah. Karena tidak pernah ditemukan kembali hingga hampir seratus tahun, burung Sikatan Aceh oleh IUCN Red List dikategorikan sebagai Critically Endangered (Kritis).

Sumatera Utara:-
 
Sumber;
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.